4 Fitur WhatsApp Business yang Rahasia Hingga Sekarang!

WhatsApp business merupakan sosial media dan aplikasi chatting yang sangat populer beberapa tahun terakhir ini. Para penggunanya dari berbagai kalangan terutama bagi kalangan pengusaha, pebisnis online, UMKM, dan pedagang online. Lalu apa itu Whatsapp Business, berbayarkah atau gratis, apa saja kekurangan dan kelebihannya akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Masih banyak orang yang belum mengenal Wa business. Sama seperti Whatsapp biasa, WhatsApp Business mengandung story konten gambar, tulisan, dan video. Namun umumnya yang masih berkaitan dengan bisnisnya. Kamu bisa melihat semua itu dan menyimpan di ponsel dengan menggunakan cara download video dan foto story whatsapp untuk hp android.

Selain itu juga, status online pada WhatsApp Business akan muncul sebagaimana wa biasa. Kamu dapat menghilangkan status online di WhatsApp dengan cara seperti menghilangkan status online di aplikasi wa biasa.

Adapun chat yang sering dilakukan di aplikasi Whatsapp business adalah chat bisnis. Namun kadang chat itu terhapus dan dihapus. Kamu bisa mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus dengan Backup yang terdapat dalam layanan Whatsapp.

Mengenal WhatsApp Business

Mengenal WhatsApp Business

Perkembangan dunia digital mengalami kemajuan yang sangat pesat di tahun 2021. Berbagai media sosial bermunculan menawarkan banyak kelebihan dan fitur canggih. Diantaranya yang paling populer adalah Facebook, aplikasi Twitter, Instagram dan Aplikasi Whatsapp. Aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang hampir ada di setiap ponsel android setiap orang.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh lembaga riset ternama tahun 2020 disimpulkan bahwa sebanyak 84 persen orang Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp yang disingkat WA ini. Tentu saja ini menimbulkan banyak perhatian besar dari masyarakat Indonesia. Dengan jumlah sebesar ini membuat pangsa pasar bisnis di whatsapp sangat potensial dan menjanjikan.

Sisanya sebanyak 16 persen pengguna internet Indonesia menggunakan media sosial Facebook, twitter dan instagram. Jumlah yang terbilang sangat kecil ketimbang jumlah pengguna Whatsapp. Inilah yang membuat orang lebih tertarik mengunduh aplikasi Whatsapp Business di ponsel mereka.

Whatsapp Business sering dipergunakan oleh orang untuk keperluan chatting yang utama. Selebihnya dipergunakan untuk kepentingan bisnis dan bersosialisasi di internet. Untuk kamu yang mempunyai suatu bisnis tak ada salahnya mengembangkan bisnis kamu itu dengan layanan whatsapp bernama Wa Business.

Apa Yang Dimaksud Whatsapp Business

Apa itu WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi pengembangan dari aplikasi Chatting WA. Dari namanya sudah jelas bahwa aplikasi whatsaap ini diperuntukkan untuk kepentingan bisnis dan usaha. Supaya usaha dan bisnis bisa lebih menjangkau ke lebih banyak orang. Agar bisnis dapat dikenal lebih banyak orang. Dan supaya bisnis dapat dijalankan secara otomatis.

Untuk mengetahui apa itu Wa Business sangat tepat untuk merujuk ke pihak pengembangnya secara langsung. Menurut perusahaan WA, Whatsapp Business adalah suatu aplikasi yang dibuat sebagai sarana mengirimkan pesan lewat Whatsapp biasa maupun Whatsapp Web dengan tujuan bisnis.

Semua orang pastinya mengenal apa itu aplikasi Whatsapp dengan segala fiturnya. Salah satunya Whatsapp Business. Pada mulanya perusahaan Whatsapp adalah perusahaan mandiri yang berkontribusi besar untuk pengembangan aplikasi yang canggih dan modern. Popularitas Whatsapp sebagai aplikasi chatting menarik perhatian perusahaan Facebook hingga membeli aplikasi Whatsapp tersebut.

Sekarang aplikasi Whatsapp telah dikuasai oleh perusahaan Google. Seiring berjalan waktu, WhatsApp Business mengadakan pembaharuan hingga melahirkan aplikasi turunannya bernama Wa Business yang diperuntukkan bagi online shop, kalangan usaha kecil, menengah, mikro hingga perusahaan besar. Dengan bantuan WhatsApp Business setiap pengguna dapat saling terkait satu sama lain.

Namun bukan berarti WhatsApp Businees hanya diperuntukkan bagi pengusaha dan pebisnis online. Pada dasarnya setiap orang bisa menggunakan layanan ini. Contohnya tokoh masyarakat, tokoh profesional, dan kalangan lain sebagainya. Tapi lebih cocoknya untuk kalangan pebisnis sebab fitur-fitur yang terdapat di dalamnya sudah didesain untuk kemajuan bisnis.

Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Biasa

Perbedaan WhatsApp Business

Kamu sendiri pastinya bisa merasakan atau melihat sendiri perbedaan antara whatsapp business dengan whatsapp biasa. Hal tersebut dapat kamu lihat dari segi tampilan dan logo serta fitur yang disematkannya. Wa business mempunyai logo tulisan Business. Sedangkan Whatsapp biasa tak mempunyai tulisan demikian. Hanya tulisan Whatsapp saja yang berwarna hijau.

Menurut Gizbot, yang menjadi perbedaan besar antara Wa Business dan Whatsapp biasa sangat banyak. Seperti Whatsapp Business yang kamu dapat menambahkan deskripsi lebih panjang tentang profil kamu dan bisnis kamu. Contoh : menambahkan keterangan alamat bisnis, website dan penjelasan bisnis. Semua itu akan memberikan gambaran sangat jelas tentang bisnis yang kamu tekuni.

Adapun Whatsapp biasa yang dapat dilakukannya hanya mengirimkan pesan dan menerima pesan. Aplikasi ini tidak dapat menambahkan deskripsi bisnis seperti penjelasan alamat website bisnis dan informasi usaha lainnya. Kemudian untuk WhatsApp Business tersedia versi baru bernama Wa Business API. Aplikasi ini diperuntukkan untuk kalangan perusahaan besar.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Untuk memakai whatsapp business di ponsel android kamu maka kamu bisa mendownload aplikasi Wa Business di Google Playstore. Sedangkan pengguna ponsel sistem iOS dapat mendownloadnya di App Store. Cara ini terbilang cara paling gampang dan praktis. Kalau penulis pernah mendapatkan undangan untuk upgrade ke Wa Business.

Whatsapp biasa maupun WhatsApp Business tidak dikenakan biaya apapun untuk downloadnya sampai layanan penggunaannya. Namun dari kabar yang berdesus-desus, perusahaan Facebook berencana menerapkan tarif layanan bagi WhatsApp. Kabar tersebut masih belum valid dan terbukti kebenarannya. Sampai sekarang ini layanan Wa Business dan biasa masih tanpa iklan dan gratis.

Selanjutnya kita akan mengupas tuntas beberapa fitur yang terdapat di layanan WhatsApp Business.

Fitur Fitur WhatsApp Business

4 Fitur WhatsApp Business yang Rahasia

Setelah mengetahui apa itu Wa Business, cara menggunakannya serta perbedaannya dengan whatsapp biasa maka selanjutnya kita bahas fitur-fitur Wa Business. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini beberapa fitur yang terdapat di WhatsApp Business, antara lain:

1. Profil Bisnis

Profil Bisnis di WhatsApp Business

WhatsApp Business menyediakan fitur bernama Profil Bisnis. Dengan fitur ini, kamu dapat menambahkan keterangan lengkap tentang bisnis kamu. Contohnya : nama bisnis, nama perusahaan, nama online shop, alamat toko, jam buka, daftar produk, harga produk, gambar dan foto produk yang dijual, dan lain sebagainya.

2. Quick Replies

WhatsApp Business Quick Replies

Apa itu fitur Quick Replies? Suatu fitur yang akan membalas suatu pesan yang diterima secara cepat. Pesan balasan tersebut adalah pesan otomatis. Contoh kasus : Seorang calon konsumen menanyakan produk pakaian yang kamu jual. Tapi produk pakaian itu sudah telah terjual. Dan yang menyakan itu ternyata lebih daro 40 orang. Tentu kamu akan mengalami kerepotan jika harus membalas satu persatu pesan.

Dengan fitur Quick Replies, kamu dapat mengirimkan kabar tentang stok pakaian yang habis itu ke 40 orang dengan satu pesan singkat yang dikirim massal. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Kamu hanya menuliskan satu pesan yang kemudian terkirim pada setiap orang yang menanyakan hal itu pada kamu.

3. Labels

WhatsApp Business labels

Apa itu fitur Labels?  Fitur yang terdapat dilayanan WhatsApp Business ini akan membantu kamu dalam mengelompokkan konsumen yang loyal atas kategori tertentu. Contohnya : konsumen belum dikirim, konsumen belum bayar, konsumen pre order dan kategori lainnya yang memudahkan kamu dalam mengembangkan usaha.

4. Pesan Otomatis

WhatsApp Business Pesan Otomatis

Kamu dapat membuat pesan otomatis yanga terkirim pada jam-jam tertentu. Misalkan pada jam tutup atau jam buka. Bentuknya bisa berupa frequently asked question, kumpulan harga barang, daftar barang, sampai Greeting message.

Dengan layanan pesan Otomatis dari Wa Business tentu akan memudahkan bisnis kamu semakin berkembang dan berjalan secara otomatis. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting  dari itu. Balas pesan calon konsumen tidak mesti satu persatu. Karena semua akan dibalas oleh aplikasi Whatsapp business secara otomatis.

Demikianlah penjelasan singkat Wa Business, cara awal menggunakan WhatsApp Business dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 966

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.