Teknik Sosial Media Marketing yang Efektif 2021

Sosial media marketing adalah suatu pemasaran dan penjualan yang dilakukan lewat platform media sosial. Contohnya : facebook, instagram, twitter, dan sosial media lainnya. Bisnis lewat sosmed disebut-sebut sebagai bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar. Jumlah pengguna internet dan media sosial di Indonesia sekitar 38 juta lebih. Jumlahnya akan terus bertambah banyak setiap tahun.

Anggapan banyak orang bahwasanya bisnis di sosial media marketing sangat mudah. Hanya tinggal upload barang. Kemudian memberikan deskripsi barang, memberikan gambar produk yang menarik lalu upload. Selanjutnya bagikan ke banyak orang. Ternyata tak semudah itu. Ada aspek lain supaya sosial media marketing dapat memberikan hasil positif.

Namun kenyataannya, bisnis sosial media marketing tidak seindah teori dan yang dibayangkan. Tidak semua pengguna media sosial membeli produk kamu. Hanya nol koma persen yang membeli produk kamu. Sehingga tingkat konversi penjualan di media sosial sangat kecil dibandingkan dengan jumlah penggunanya yang sangat besar.

Mayoritas pelaku sosial media marketing hanya bertahan dalam waktu beberapa bulan. Penjualan yang didapatkan tidak selamanya sesuai harapan. Walaupun mereka menggunakan banyak sosial media.  Seperti FB, IG atau twitter. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk sukses sosial media marketing. Seperti strategi konten sosial media.

Teknik Sosial Media Marketing yang Efektif

Sosial Media Marketing

Beberapa pelaku bisnis di sosial media menyerah dengan bisnis ini. Mereka mengalami hasil negatif karena tak melakukan tak menerapkan teknik sosial media marketing yang efektif. Berikut ini tekknik sosial media marketing yang efektif paling utama adalah memilih satu media sosial.

Kamu mungkin bertanya, “Mengapa harus menentukan satu media sosial, media sosial itu sangat banyak jenisnya, penggunaan berbagai sosial media yang banyak untuk bisnis bagus kan?” Pada dasarnya, penggunaan banyak media sosial untuk bisnis bagus untuk lebih dikenal di masyarakat secara lebih luas. Namun kamu harus memperhatikan aspek berikut ini, antara lain:

  • Ilmu
  • Tenaga Manusia
  • Biaya
  • Waktu

Sosial media marketing bukan perkara mudah yang hanya upload gambar dan iklan. Tidak semudah itu. Kalau mudah seperti itu mungkin semua pebisnis di media sosial pada sukses. Kenyataannya, sosial media marketing tak mudah. Apalagi bagi pemula, ia harus menguasai satu media sosial. Kalau lebih banyak menggunakan media sosial lain akan memakan waktu lama dan tak fokus. Inilah yang membuat banyak orang gagal dalam sosial media marketing karena tak fokus sehingga tak mendapatkan hasil positif.

Untuk memilih media sosial marketing yang tepat bagi bisnis kamu maka bisa didasarkan atas pertimbangan berikut ini, antara lain:

  1. Mempunyai beragam konten untuk marketing. Seperi teks, gambar, foto dan video
  2. Mempunyai pendengar yang luas dan tertarget

Berikut ini beberapa media sosial yang perlu dipertimbangkan sebagai sarana sosial media marketing yang tepat bagi kamu, antara lain:

Facebook

Sosial Media Marketing - Facebook

Kamu pastinya sudah mengetahui sosmed Facebook. Facebook yang sering disingkat FB menjadi aplikasi sosial media terpopuler di Indonesia. Banyak bisnis online dan bisnis digital dipasarkan di Facebook.

Lalu baguskah facebook dijadikan sebagai sarana marketing? Belum tentu bagus. Semuanya memerlukan penelaahan lebih dalam. Facebook banyak dikunjungi  oleh manusia berbagai usia dan berbagai minat. Kamu bisa mencari pasar tertarget di facebook.Namun jumlah pengguna Facebook yang sangat besar tidak menjamin sosial media marketing yang kamu lakukan di FB dapat berhasil.

Twitter

Sosial Media Marketing - Twitter

Twitter adalah media sosial kedua yang populer di Indonesia. Yang menjadi ciri khas, kebanyakan pengguna twitter adalah kalangan anak muda atau orang yang direntang umur 18 tahun sampai 35 tahun. Pengguna twitter lebih menyukai konten yang sifatnya santai dan singkat dengan penggunaan link kepada suatu situs.

Instagram

Sosial Media Marketing - Instagram

Sosial media instagram juga cukup populer di kalangan kawula muda. Media berbagi foto dan gambar ini  sangat digandrungi kalangan anak muda saat ini. Yang menjadi ciri khasnya adalah kemampuan menyajikan foto yang indah. Kemudian foto itu dapat dilihat semakin banyak orang. Apabila bisnis atau produk kamu berkaitan dengan foto yang indah maka kamu dapat menggunakan fitur baru instagram sebagai sosial media marketing yang tepat.

Mayoritas pengguna sosial media instagram adalah kalangan anak muda dikisaran usia kurang dari 45 tahun. Untuk penggunaan instagram lebih banyak kepada konten gambar atau foto. Sangat mudah untuk kepentingan bisnis sama halnya pengelolaan sosial media marketing di facebook ataupun twitter.

Linkedin

Sosial Media Marketing - Linkedin

Linkedin adalah sosial media yang tepat digunakan untuk memasarkan barang dari bisnis ke bisnis. Apabila target market bisnis kamu adalah agen bisnis bukannya konsumen perorangan maka sangat tepat menerapkan sosial media marketing di linkedin. Para pengguna Linkedln semuanya adalah kalangan owner bisnis.

Intinya, penggunaan sosial media marketing tergantung produk atau bisnis yang kamu pasarkan. Setiap sosial media mempunyai karakteristik tersendiri. Yang satu cocok dengan suatu bisnis tertentu. Dan belum tentu cocok dengan bisnis kamu. Kamu mesti dapat memilih sosial media yang tepat bagi bisnis kamu.

Strategi Konten Sosial Media

Sosial Media Marketing - Strategi Konten

Salah satu bagian yang paling penting dalam unsur sosial media marketing adalah konten. Konten bisa berupa video, gambar, link, teks atau foto. Konten inilah yang menarik banyak penjualan produk. Konten ini adalah raja dari suatu sosial media marketing. Jika kamu menggunakakan sosial media marketing tanpa adanya konten  yang bagus dan menarik maka kegiatan kamu di sosial media akan sia-sia.

Strategi konten sosial media yang menghasilkan banyak penjualan memenuhi tiga unsur utama, antara lain:

  1. Frekuensi posting

Strategi konten sosial media yang pertama adalah frekuensi posting. Semakin rajin posting produk atau bisnis kamu pastinya akan lebih banyak pembelian. Banyak pengusaha online yang mengeluhkan sepinya pembeli. Salah satu sebabnya adalah malas atau minim posting produk dan bisnis.

  1. Memilih waktu yang tepat untuk posting

Strategi konten sosial media berikutnya adalah memilih waktu yang cocok untuk posting. Sebagus apapun konten yang dibuat, kalau diposting bukan pada waktu yang tepat akan percuma.

  1. Memperhatikan kualitas konten yang bagus dan menarik

Strategi konten sosial media selanjutnya adalah memperhatikan kualitas konten. Seringkali seorang pebisnis digital asal dalam mengisi konten. Konten yang buruk akan membuat orang tidak mau membeli produk di lapak kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu memposting konten bermanfaan dan berkualitas baik sehingga mampu menarik minat beli konsumen. Berdasarkan pengalaman, konten yang terbaik bagi sosial media marketing adalah link. Diurutan kedua dan ketiga adalah foto serta teks.

Itulah beberapa strategi konten sosial media marketing. Bagi kamu yang ingin sukses dalam bisnis online maupun digital marketing perlu menguasai teknik dan strategi konten sosial media yang menjual. Setelah menguasai itu semua, kamu dapat menerapkannya pada bisnis online instagram. 

Bisnis Online Instagram

Sosial Media Marketing - Bisnis Online

Salah satu media sosial yang tersohor di tanah air untuk kepentingan bisnis online atau berjualan adalah instagram. Berdasarkan riset, jumlah pengguna aktif instagram di Indonesia sebanyak 120 juta. Tak aneh instagram menjadi wadah utama untuk berjualan online yang paling banyak dilakukan orang. Jika kamu memutuskan untuk bisnis online instagram sangat tepat, sebab pangsa pasar yang sangat besar.

Namun kamu tidak bisa mengandalkan pangsa yang besar dari bisnis online instagram. Diperlukan beberapa strategi bisnis online instagram. Berikut ini strategi bisnis online instagram, antara lain:

  1. Mengenali konsumen

Langkah pertama dalam memulai bisnis online instagram adalah mengenal target market.  Yang meliputi : Siapa yang menjadi konsumen bisnis kamu? Berapa usia mereka? Dimana mereka berada? Apa profesinya? Apa yang menjadi kebutuhan mereka?

  1. Membuat merek sendiri yang unik

Langkah kedua cara bisnis online instagram adalah membuat brand sendiri.

  1. Membuat profil dan bio yang menarik

Inilah yang dilihat orang pertama kali. Sehingga kamu harus memastikan profil dan bio yang kamu buat sangat menarik orang. Nama profil atau username adalah nama brand produk atau ciri khas kamu. Gunakanlah logo perusahaan. Lampirkan pula nomor kontak kamu.

  1. Konten menarik , bagus dan bermanfaat

Konten menarik, bermanfaat dan bagus dapat mampu menarik banyak followers dan target market.

  1. Menggunakan hashtag yang sesuai dan populer
  2. Tag lokasi bisnis kamu
  3. Follow atau mengikuti target market yang kamu bidik. Sehingga terjadi follow balik
  4. Memberikan diskon atau hadiah menarik

Demikian penjelasan singkat berkaitan tentang sosial media marketing yang baik dan benar yang dapat penulis sampaikan. Mudah-mudahan dapat memberikan secercah pencerahan yang bermanfaat bagi para pembaca semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 966

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.