Kecanduan Sosial Media? Tenang Ada 6 Cara Solusinya!

  • Whatsapp
Kecanduan Sosial Media

Kecanduan sosial media menjadi tantangan manusia di abad modern saat ini. Hampir semua pekerjaan bisa dilakukan melalui gadget. Dari mulai belanja online, bisnis online, menulis artikel, bermain game, membuat dokumen, dan lain-lain. Kelamaan memegang ponsel dan eksis di media sosial akan membuat ketagihan. Yang namanya ketagihan akau membuat aktifitas berlebihan. Dan sesuatu yang berlebihan pastinya kurang baik bagi manusia.

Kemajuan teknologi dalam dunia ponsel membawa angin perubahan yang sangat cepat. Segala pekerjaan sudah hampir dapat dilakukan melalui ponsel. Segala kegiatan manusia setiap hari dapat dilakukan dengan smartphone. Misalkan ponsel pintar untuk sarana berkomunikasi, chatting, browsing, gaming, dan kegiatan lainnya.

Read More

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi diikuti dengan kemajuan dalam bidang teknologi ponsel pintar membuat berbagai inovasi ditemukan. Misalkan harga handphone yang semakin hari semakin murah, lahirnya berbagai macam sosial media yang meliputi facebook, twitter, instagram, LINE, Whatsapp, dan lain-lain.

Popularitas sosial media semakin hari semakin menanjak. Para pengguna media sosial terus bertambah banyak setiap hari. Salah satu negara yang mempunyai jumlah pengguna sosial media terbanyak di dunia adalah Indonesia. Para pengguna media sosial di tanah air terdiri dari berbagai kalangan. Seperti remaja, orangtua, lansia, anak-anak dan orang dewasa.

Manfaat Sosial Media

Kecanduan Sosial Media - Manfaat

Pada satu sisi, kehadiran sosial media memiliki dampak positif. Pada satu sisi lain, sosial media mempunyai dampak negatif. Dampak positif sosial media adalah sesama manusia bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi secara online, kamu bisa berjumpa lagi dengan teman-teman lama dalam satu lingkungan sekolah, tempat kerja atau satu wilayah. Sebagian orang lagi merasakan manfaat sosial media untuk bisnis jual beli online.

Berikut ini manfaat sosial media, antara lain:

  1. Bertemu dengan teman-teman lama
  2. Bertemu dan berteman dengan teman baru
  3. Berada dalam satu komunitas atau grup tertentu
  4. Menyimpan foto dan video
  5. Berjualan secara online
  6. Belanja secara online
  7. Membaca berita terbaru yang sedang trend

Tempat Download Media Sosial

Kecanduan Sosial Media - Tempat Download

Untuk pengguna ponsel android bisa menggunakan sosial media. Dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi sosial media di Google Playstore secara gratis. Hal inilah yang membuat para pengguna sosial media bertambah banyak setiap hari di Indonesia. Apalagi platform sosial media sudah sangat beragam. Namun yang paling umum digunakan oleh orang Indonesia adalah Facebook, twitter, whatsapp dan instagram.

Kecanduan sosial media bukan hanya bisa dialami oleh seorang anak dan remaja. Tapi orangtua pun bisa mengalami kecanduan sosial media. Kecanduan yang berarti berlebihan dalam mengakses media sosial. Satu hari penuh, ia bisa akses media sosial tanpa menghiraukan lingkungan di sekitar. Kecanduan media sosial pada seorang anak atau remaja perlu dihentikan secepat mungkin. Kalau dibiarkan merajalela akan membuat kerugian bagi mereka yang kecanduan sosial media dalam jangka pendek dan panjang.

Baca Juga : 25+ Langkah Teknik Membuka Blokir Waptrick Paling Hot!

Apa yang dimaksud dengan kecanduan sosial media? Yang namanya kecanduan tentu saja kurang baik. Seperti kecanduan rokok, kecanduan main game online dan lain sebagainya. Kecanduan menandakan sesuatu yang berlebihan.

Pengertian kecanduan sosial media adalah suatu sikap yang berlebihan terhadap penggunaan sosial media di ponsel maupun komputer. Setiap hari selalu tak lepas dari kegiatan bermain di sosial media. Setiap detik, mereka tak bisa dilepaskan dari ponsel untuk main sosial media. Seperti mencari informasi, mendapatkan teman baru, main game, update status, dan lain sebagainya. Seseorang bisa lupa diri dan waktu akibat kecanduan sosial media.

Bahaya Kecanduan Sosial Media

kecanduan Sosial Media

Beberapa orang merasakan kecanduan sosial media. Hal yang berdampak pada kerugian dan membawa dampak buruk. Berikut ini bahaya kecanduan sosial media bagi manusia, antara lain :

1. Tak bisa lepas dari gadget

Salah satu bahaya kecanduan sosial media adalah seseorang hidupnya tak bisa lepas dari ponsel. Kalau saja mereka dipisahkan dari ponsel akan menangis dan tak jarang mengancam akan melakukan bunuh diri. Itu saking bahayanya kecanduan sosial media. Untuk menyembuhkan kecanduan sosial media, kamu bisa berkonsultasi dengan pakar kejiwaan atau psikolog.

2. Mengalami kecelakaan

Kecanduan media sosial dapat juga mengancam jiwa seseorang. Seperti yang pernah terjadi di Indonesia. Seseorang yang bermain ponsel asyik eksis di sosial media akan membuat ia lupa terhadap lingkungan sekitar. Pada saat seseorang asyik memainkan ponsel di atas rel, sebuah kereta api menabraknya hingga meninggal dunia.

3. Malas belajar

Bagi kalangan pelajar atau mahasiswa yang mengalami kecanduan sosial media akan berdampak pada prestasi belajarnya yang akan menurun. Mereka menjadi malas untuk belajar. Mereka memilih untuk main hape untuk masuk ke media sosial. Berteman dengan teman yang berada di dunia maya, berinteraksi, update status, membaca status, membaca berita, main game, dll

4. Bekerja tak fokus

Kecanduan sosial media dapat membuat seorang karyawan tidak dapat lagi bekerja secara fokus. Perhatian mereka dialihkan oleh media sosial. Setiap detik mereka akan mencari ponsel untuk bermain media sosial di internet tanpa mengenal waktu dan tempat

5. Menghabiskan biaya dan nafsu makan

Kecanduan media sosial dapat membuat ia tidak peduli lagi dengan waktu dan tempat. Yang ada dalam pikiran mereka adalah bagaimana dapat terus bermain di media sosial. Pada saat kuota habis maka ia mengisi kembali. Yang tentu saja menghabiskan keuangan. Selain itu, nafsu makan mereka menjadi turun seiring kecanduan sosial media yang membuat mereka tidak memikirkan perut kosong. Yang penting dapat memainkan sosial media di ponsel

6. Sulit tidur nyenyak

Bagi mereka yang sudah terkena kecanduan sosial media akan merasakan kesulitan tidur nyenyak. Mereka selalu bangun di malam hari. Kemudian di malam hari bukannya istirahat atau tidur tapi bermain ponsel memainkan sosial media. Pada waktu pagi hari, mereka terlambat bangun tidur. Dan pada saat berada di kantor atau sekolah, mereka kurang semangat belajar atau bekerja. Karena rasa kantuk yang terus melingkupinya.

7. Mengganggu kesehatan mental

Seseorang yang menderita kecanduan sosial media akan mengalami gangguan mental disamping gangguan kesehatan fisik. Mentalnya akan tidak stabil, mudah emosi dan mudah sekali mengalami depresi atau stres. Hal tersebut akan berdampak pada hasil pekerjaan yang kurang baik dan tingkat produktifitas kerja yang sangat menurun tajam

8. Gangguan kesehatan seperti sakit kepala atau gangguan penglihatan

Seseorang yang mengalami kecanduan sosial media akan berdampak kepada kesehatan fisiknya. Seperti sering mengalami sakit kepala. Sakit kepala ini disebabkan seringnya menggunakan ponsel untuk main sosial media. Sinyal pada ponsel akan mengganggu saraf otak yang membuat timbulnya sakit kepala dan gangguan penglihatan seperti sakit mata atau mata merasa perih.

Untuk mencegah timbulnya bahaya dari kecanduan sosial media maka seseorang perlu menjaga diri agar tak berlebihan dalam penggunaan sosial media. Misalkan membatasi jam bermain ponsel untuk eksis di sosial media. Kecanduan sosial media dapat merusak kesehatan mental dan raga seseorang. Juga dapat membuat hubungan dengan teman dan sesama manusia menjadi rusak.

Orang yang kecanduan terhadap media sosial setiap waktu terus bergelut dengan sosial media. Ketika mereka duduk, mereka main hape untuk main di Facebook. Begitu pula ketika menerima tamu, kadang bermain ponsel untuk eksis di instagram. Yang tentu saja, orang yang bersama dengannya merasa tidak nyaman dan tidak diperhatikan atau diperdulikan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1115

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.

Related posts