15+ Hal di Dunia Saham yang Kamu Harus Tau!

Dunia saham merupakan dunia investasi yang menyenangkan. Disebut menyenangkan karena dapat menghasilkan uang dari laba investasi saham. Bagi mereka yang mau terjun ke dalam dunia saham pastinya harus mengenal istilah-istilah dasar dalam dunia saham. Seperti idx, harga saham, rekomendasi saham hari ini, belajar saham, stockbit, investasi saham, saham Indonesia, indeks saham dunia live, dan istilah lainnya.

Dunia saham adalah dunia yang dinamis. Ia akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Harga saham mengalami penurunan dan kenaikan. Bagi mereka yang ingin meningkatkan kekayaan maka dunia saham merupakan pintu gerbang yang tepat. Lewat saham, seseorang dapat menghasilkan kekayaan lebih besar lagi. Saham dapat membawa seseorang kepada kemakmuran dan kesejahteraan finansial di masa mendatang.

Siapa yang Bisa Masuk ke Dunia Saham

Siapa yang bisa masuk Dunia Saham

Siapa yang bisa memasuki dunia saham? Semua kalangan bisa masuk dalam dunia saham. Seperti kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, pelajar, karyawan, buruh, petani, pedagang, pengusaha, wirausahawan, guru, tenaga honorer, tentara, polisi, dan kalangan masyarakat lainnya. Semua mempunyai hak sama untuk hidup sejahtera melalui dunia saham.

Setiap manusia diberi rezeki berbeda-beda. Ada yang diberikan karunia rezeki yang banyak, sedang dan kecil. Semua patut disyukuri. Salah satu rezeki yang diberikan oleh Allah swt kepada manusia adalah kekayaan. Seseorang bisa mempunyai kekayaan berlebih. Keuangan yang banyak. Salah satu cara mensyukuri nikmat Allah swt itu dengan cara menginvestasikannya kepada sektor investasi yang halal. Seperti investasi saham syariah.

Ada banyak cara yang dilakukan orang dalam memperlakukannya uang. Ada yang menyimpannya di rekening tabungan. Ada yang menyimpan uang dalam bentuk deposito. Ada yang menyimpan uang di rumah maupun di koperasi. Pokoknya ada banyak cara seseorang memperlakukan uangnya dan menyimpan uangnya. Lalu bagaimanakah cara menyimpan uang yang baik dan benar?

Baca Juga : 22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Menyimpan uang yang baik dan benar adalah memastikan uang yang disimpan tidak berkurang nilainya. Selama ini jika seseorang menyimpan uang di bank atau rumah maka dengan sendirinya harga nilai uang akan menyusut seiring dengan laju inflasi. Salah satu cara mencegah hal itu dengan menanamkan uang pada sektor investasi seperti investasi saham.

Menanamkan uang pada investasi saham akan banyak keuntungan. Seperti adanya deviden dan laba. Deviden saham yang diberikan satu tahun sekali kepada para pemegang saham. Selain itu, ada pula laba dari hasil penjualan saham. Misalkan kamu membeli saham sebesar Rp 100 ribu. Dalam jangka waktu satu tahun, harga saham mengalami peningkatan menjadi Rp 150 ribu. Berarti kamu mendapatkan laba sebesar Rp 50 ribu.

Laba yang diperoleh dari investasi saham berupa deviden atau selisih penjualan saham dapat dipergunakan untuk investasi kembali atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersier. Inilah yang dinamakan investasi saham sangat menyenangkan. Kamu akan semakin kaya dengan investasi saham. Tidak ada orang yang miskin dari investasi saham. Salah satu orang terkaya di dunia berasal dari dunia saham.

Menilik Lebih Dalam Dunia Saham

Dunia Saham

Semua orang sudah melek investasi saat ini. Seiring dengan semakin terbukanya informasi. Dunia saham semakin terbuka lebar di dalam negeri maupun mancanegara. Melalui media internet dan media sosial, seorang investor dapat mengetahui harga saham beberapa perusahaan saat ini.

Saham sebagai sarana untuk meraih kesejahteraan di masa datang. Para artis, mahasiswa, ibu rumah tangga dan karyawan sudah mulai belajar investasi saham. Kamu tak asing mendengar artis pelaku saham di Indonesia dan dunia yang jumlahnya lumayan besar. Dari mulai artis papan bawah sampai papan atas.

Bagi kamu yang mau memasuki dunia saham mesti belajar dunia saham terlebih dahulu. Belajar saham sangat mudah dengan adanya edukasi di beberapa perusahaan sekuritas. Yang namanya belajar tentu saja memerlukan waktu yang tidak sebentar. Begitu juga dalam belajar investasi saham. Seseorang mesti belajar saham dalam jangka waktu lama.

Seorang pemula bisa memulai belajar investasi saham dengan mengenal istilah-istilah yang terdapat dalam dunia saham. Seperti istilah IPO. Apa itu IPO? IPO adalah suatu situasi perusahaan yang hendak jual sahamnya kepada publik. IPO kepanjangannya adalah Initial Public Offering. Yang berarti penawaran saham kepada masyarakat umum.

Ada banyak tujuan sebuah perusahaan melaksanakan IPO kepada masyarakat umum. Salah satunya adalah untuk memperoleh suntikan keuangan untuk memperluas usaha. IPO bisa disamakan dengan penawaran saham perdana. Perusahaan yang melaksanakan kegiatan IPO nantinya ia bukan lagi perusahaan pribadi yang tertutup. Tapi sudah menjadi perusahaan publik atau Go Public.

Perusahaan yang memutuskan untuk Go Public adalah perusahaan yang mewujud diri dari perusahaan personal menjadi perusahaan umum. Yang sahamnya bisa dibeli oleh masyarakat luas. Berikut ini beberapa alasan perusahaan melakukan Go Publik atau penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia, antara lain:

1. Untuk mendapatkan tambahan keuangan

Suatu bisnis pastinya membutuhkan tambahan modal keuangan untuk memperluas pangsa pasar, mendirikan cabang baru atau pabrik baru, melakukan kegiatan usaha yang lebih produktif dan lebih besar lagi. Semua itu membutuhkan tambahan dana. Dengan adanya IPO maka perusahaan akan mendapatkan tambahan dana segar dari masyarakat.

Sebenarnya, perusahaan dapat saja meminjam tambahan dana segar dari lembaga perbankan. Namun semua itu memerlukan prosedur yang ketat, jaminan dan proses administrasi yang rumit ditambah dengan adanya beban bunga yang mencekik. Maka salah satu cara mendapatkan modal uang yang besar secara mudah adalah dengan melakukan Go Public.

2. Nilai perusahaan meningkat

Alasan lainnya yang membuat perusahaan melakukan IPO adalah untuk membayar pinjaman atau utangnya dengan mendapatkan tambahan dana segar dari masyarakat. Selain itu, popularitas akan semakin meningkat yang membuat nilai perusahaan meningkat. Apalagi sejak melakukan IPO, kinerja perusahaan sangat baik.

3. Berkembang pesat

Perusahaan mempunyai keuangan yang terbatas untuk memperluas bisnisnya. Cara cepat untuk meningkatkan kinerja bisnis pada perusahaan adalah dengan melakukan IPO atau Go Public. Dengan cara ini, perusahaan akan mendapatkan tambahan dana yang sangat besar. Yang kemudian uang itu bisa digunakan untuk memperbesar margin keuntungan. Seperti membuka pangsa pasar baru di daerah baru, merambah bisnis lain, menambah jumlah tenaga kerja, dan strategi perusahaan lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan Dunia Saham

Saham adalah jenis investasi yang sangat populer di tanah air dan dunia. Di jaman modern ini sudah banyak kalangan mulai investasi saham atau surat berharga. Bagi pemula tentu saja sangat beresiko rugi untuk main saham. Sebagaimana resiko keuntungan. Cara paling aman untuk main saham bagi pemula adalah dengan membeli saham yang nilai saham stabil seperti saham Sampoerna, Unilever, Telkom, Garuda Indonesia, dan saham bluechips lainnya.

Dunia saham sangat luas. Ia bukan hanya mengenai IPO dan alasan GO Publik di baliknya. Ia juga meliputi pengertian saham dan resiko dibaliknya. Dunia investasi saham sangat luas yang mencakup high risk, high return, Bullish dan Bearish, broker, perusahaan sekuritas, trading saham, trader, Ask Price, return, deviden, candlestick, stop loss, buy, sell dan istilah lain dalam dunia saham.

Dunia saham adalah dunia penuh resiko. Resiko kerugian sangat tinggi sebagaimana resiko keuntungan. Walaupun demikian, resiko kerugian bisa dihindari dengan cara main saham yang baik dan benar serta mengetahui beberapa pengertian tentang saham dan teknik-tekniknya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1395

No votes so far! Be the first to rate this post.