5 Cara Menanam Tanaman Paku di Iklim Manapun

Cara menanam tanaman paku menjadi informasi yang bermanfaat bagi mereka yang hobi bertanam tanaman hias. Tanaman paku disebut juga tanaman pakis sering diberikan kesan kurang baik. Tumbuhan ini disebut sebagai tanaman pengganggu disebabkan suka menempel pada tumbuhan lain. Tanaman paku sangat bermanfaat untuk menghiasi pekarangan rumah.

Sangat mudah bagi kamu untuk menemukan tumbuhan paku. Tumbuhan ini sering dijumpai di wilayah yang lembap dan berada di dataran tinggi. Jenis parasit yang populer ini sering dijadikan tanaman hias, buket bunga maupun untuk dekorasi pernikahan. Seperti tumbuhan suplier yang banyak menghiasi pekarangan rumah di perkotaan maupun pedesaan.

Cara Menanam Tanaman Paku

Cara menanam tanaman paku

Setelah membahas jenis-jenis tanaman paku, berikutnya saya akan menjelaskan cara menanam tanaman paku. Tanaman paku merupakan golongan tanaman pakis yang mempunyai sistem pembuluh darah. Tanaman ini tak memproduksi biji-bijian dalam menghasilkan anakan. Media pengembiakan dengan cara spora.

Tanaman paku atau pakis merupakan tanaman purba yang telah ditemukan sejak 360 juta tahun lampau. Kemudian berkembang biak menjadi berbagai jenis dan macam. Melihat keindahan tanaman ini, manusia mulai menjadikannya sebagai tanaman hias. Dan sebagian lagi yang pandai dalam ilmu farmasi menjadikannya sebagai tanaman obat.

Cara menanam tanaman paku tidak sembarangan. Langkah utama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi tempat tumbuh. Tumbuhan paku  sangat suka tumbuh di kawasan yang mempunyai iklim tropis dan basah. Tanaman paku umumnya berkembang biak  secara mudah di daerah lembab. Misalkan di danau, kolam, bebatuan, batang pohon, tebing bukit, dan hutan yang basah.

Baca Juga : 22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Untuk menjamin tanaman paku tumbuh dengan baik, pastikan diberikan air secukupnya secara rutin. Tanaman ini memerluka n pasokan ketersediaan air yang banyak. Tak aneh tanaman paku sering tumbuh di daerah teduh  dengan limpahan air melimpah. Seperti di daerah rawa, danau maupun daerah pegunungan.

Cara menanam tanaman paku terbagi dua yakni cara menanam tanaman paku untuk hiasan di rumah. Dan kedua, menanam tanaman paku untuk di luar rumah seperti taman. Jika kamu menanam tanaman paku untuk hiasan di rumah pastinya kamu harus memilih jenis tanaman paku hias yang khusus penghias dekorasi. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dengan baik asalkan berada di udara sekitar 20 derajat celcius.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam cara menanam tanaman paku, antara lain:

1. Cara menanam tanaman paku dengan memilih lokasi yang tepat

Cara menanam tanaman paku dengan memilih lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat bagi tanaman paku untuk tumbuh dengan baik adalah lokasi yang teduh dan tidak memperoleh cahaya langsung dari sinar matahari. Lokasi yang cocok bagi tanaman ini biasanya di teras rumah atau pekarangan rumah bagian dalam.

Lokasi yang tepat bagi tanaman paku adalah di luar ruangan adalah di kebun atau taman. Karena akan memudahkan dalam perawatan. Tanaman paku yang tumbuh di taman atau kebun sebaiknya jangan dipindah-pindahkan kecuali terendam genangan air atau menderita penyakit. Lokasi untuk tanaman paku tidak terkena sinar matahari langsung. Misalkan ditanam di bawah pohon yang rindang yang bisa menghindarkan sengatan sinar matahari.

2. Cara menanam tanaman paku dengan mempertimbangkan kelembapan

Cara menanam tanaman paku dengan mempertimbangkan kelembapan

Cara menanam tanaman paku lainnya adalah memperhatikan kelembapan. Tanaman paku akan lebih bagus jika ditempatkan pada tekanan suhu udara yang lembap. Kamu bisa menggunakan pot yang lembap atau mesin pelembab agar memastikan udara di sekitarnya sangat lembab  supaya tanaman paku dapat tumbuh dengan baik.

3. Cara menanam tanaman paku dengan menyiram tumbuhan paku secara rutin

Cara menanam tanaman paku dengan menyiram tumbuhan paku secara rutin

Tanaman paku membutuhkan pasokan air yang cukup untuk bertumbuh dan berkembang biak secara baik. Hal ini merupakan dasar cara menanam tanaman paku yang baik dan benar. Kamu harus memastikan setiap hari menyiram tanaman paku secara teratur minimal di pagi hari dan sore hari. Semua itu untuk menjaga kelembapan dan situasi tanah agar tetap basah.

4. Cara menanam tanaman paku dengan memberikan pupuk tanaman paku secara rutin

Cara menanam tanaman paku dengan memberikan pupuk tanaman paku secara rutin

Tanaman paku harus diberi pupuk. Supaya tanaman paku dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Tanah media tanam tumbuhan paku mesti diberikan pupuk paling kurang satu bulan satu kali. Pupuk merupakan nutrisi bagi tumbuhan paku agar tumbuh sehat.

Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk cair dan pupuk bubuk seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Ini merupakan bagian dari cara menanam tanaman paku yang benar.

5. Cara menanam tanaman paku dengan rajin membersihkan tanaman paku

Cara menanam tanaman paku dengan rajin membersihkan tanaman paku

Terakhir, cara menanam tanaman paku yang baik adalah tanaman paku secara berkala harus dibersihkan. Mungkin ada beberapa daun yang mati atau mengalami kerusakan akibat terserang penyakit. Kalau dibiarkan tentu akan mengurangi kecantikan tumbuhan paku.

Cara memotong daun tanaman paku yang rusak sangat mudah. Kamu bisa memotongnya menggunakan pisau yang tajam dan bersih. Pembuangan daun yang rusak atau mati sangat penting. Karena sangat mungkin itu terjadi disebabkan oleh serangan penyakit. Dengan membuang daun yang rusak akan menghentikan penyebaran hama penyakit ke daun yang sehat.

Itulah cara menanam tanaman paku di dalam ruangan maupun luar ruangan. Sedangkan bagi kamu yang mau menanam tanaman paku untuk dijadikan tanaman obat atau tanaman hias mempunyai teknik sendiri yang hampir sama.

Ciri-Ciri Tanaman Paku

Untuk kamu yang belum mengetahui tentang tumbuhan paku, tentu sulit untuk mengenalinya. Inilah ciri-ciri yang terdapat pada tumbuhan paku :

  • Mempunyai daun yang menggulung pada waktu masih muda
  • Tanaman paku berbeda-beda ukuran dan jenis
  • Umumnya memiliki bentuk yang sangat indah hingga seringkali dipergunakan sebagai penghias ruangan

Jenis Tumbuhan Paku Untuk Penghias Ruangan

Berikut ini berbagai jenis tanaman paku yang seringkali dijadikan penghias ruangan atau dekorasi, antara lain :

1. Psilophyta

Jenis tanaman paku yang disebut paku telanjang ini memiliki banyak cabang pada setiap ujungnya. Cabangnya menyerupai sporangium dengan bentuk bagaikan garpu. Jenis tanaman ini tak mempunyai klorofil. Untuk mendapatkan makanan, tanaman paku telanjang berkoalisi mutualisme dengan jamur.

Tumbuhan paku telanjang terdiri-dari berbagai macam, antara lain :

  • Psilotum
  • Rhynia Major

2. Tumbuhan paku rambut atau paku kawat

Tumbuhan ini mempunyai tanda sebagai berikut :

  • Daun-daun berukuran kecil
  • Mempunyai tulang satu
  • Bercabang-cabang akarnya
  • Mempunyai batang bagaikan kawat
  • Tak memiliki tangkai

3. Tumbuhan paku sejati

Tumbuhan paku sejati yang nama latinnya Pterophyta memiliki beberapa tulang, tangkai dan daun-daun berukuran besar. Sangat gampang bagi kamu mendapatkan tanaman paku sejati. Tumbuhan ini sering tumbuh di daerah yang lembab dan teduh. Cara menanam tanaman paku sejati sangat gampang dilakukan melalui media pot atau taman.

4. Tanaman Paku Ekor Kuda

Tanaman ini disebut tanaman paku ekor kuda. Karena bentuknya menyerupai ekor kuda. Tanaman yang indah mempesona ini menjadi incaran pecinta tanaman hias. Tanaman ini umumnya tumbuh di dataran tinggi yang lembab. Adapun cirinya sangat jelas dari bentuk daun yang melingkar bagaikan sisik, ukuran daun sangat kecil bagai karang. Kalau diumpamakan tumbuhan ini menyerupai pohon cemara yang tegak, berbuku dan mempunyai rongga-rongga.

5. Tanaman paku bambu air

Jenis tanaman paku penghias ruangan lainnya adalah tanaman paku bambu air. Kamu dapat menemukan tanaman ini di pinggiran sungai, rawa, maupun kolam yang dangkal. Tanaman paku bambu air memiliki ciri khas dengan bentuk ukuran tanaman yang sangat kecil. Ukuran tanaman berkisar 25 cm sampai 100 cm.

6. Tanaman Suplier

Kamu tentu mengenal dengan tanaman suplier. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias di halaman rumah. Suplier merupakan jenis tanaman paku yang sering dijadikan pemanis ruangan indoor maupun outdoor.

Tanaman ini biasanya tumbuh di dalam pot dengan ciri khas daunnya berbentuk trapesium sangat indah. Cara menanam tanaman paku suplier sangat mudah seperti menanam tumbuhan jenis paku yang lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 799

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.