14 Cara Menanam Lidah Buaya Yang Baik Dan Benar

  • Whatsapp
Cara menanam lidah buaya

Cara menanam lidah buaya sangat mudah. Kamu bisa menanam tanaman ini di rumah menggunakan pot ataupun polybag. Permintaan terhadap tanaman Aloe Vera ini sangat tinggi di masyarakat untuk berbagai keperluan. Tanaman ini sangat bermanfaat bagi manusia sebagai bahan pembuatan makanan agar-agar, bahan pembuatan sampo, dan manfaat dalam bidang kecantikan dan kesehatan lain sebagainya.

Kegunaan Lidah Buaya Untuk Wajah

Cara menanam lidah buaya mencari anakan

Read More

Sejumlah pakar kecantikan dan kesehatan dunia berupaya menguak misteri manfaat dari lidah buaya. Tanaman yang menyerupai tumbuhan kaktus ini sangat mudah berkembang biak dan mudah dijumpai di sejumlah negara di dunia. Hasil dari penelitian para pakar ditemukan suatu kesimpulan yang berguna bagi kehidupan manusia. Tanaman lidah buaya terbukti mengandung banyak gel yang terdiri-dari vitamin B12, E, C dan A.

Beberapa manusia menggunakan daun lidah buaya untuk menyuburkan rambut. Dan sebagian lagi untuk memperhalus wajah. Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk memelihara wajah, antara lain:

1. Mengobati luka bakar pada wajah

Seseorang yang mengalami luka bakar ringan pada wajah bisa mengoleskan daun lidah buaya bagian dalam atau gel ke seluruh permukaan wajah yang mengalami luka bakar ringan. Lakukan pengolesan sebanyak 3 kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Menghindari iritasi kulit wajah

Pada saat kamu bepergian di siang hari sangat mungkin kulit wajah mengalami iritasi kulit. Karena pancaran sinar matahari sangat kuat. Untuk menghindari iritasi kulit pada wajah maka kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada wajah.

3. Meredakan rasa nyeri lecet

Lecet pada kulit wajah sering menimbulkan rasa sakit yang perih. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang lecet.

4. Mengobati luka pada kulit atau wajah

Lidah buaya dapat juga dipergunakan untuk menyembuhkan kulit wajah yang luka. Disebabkan kandungan zat di dalamnya mengandung obat anti bakteri dan kolagen. Luka pada kulit akan lebih cepat sembuh dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terluka.

5. Meredakan kulit kering

Lidah buaya juga dapat mengatasi kulit kering. Kulit kering yang ditandai dengan kulit pecah bisa terobati dengan mengoleskan lidah buaya. Kulit akan menjadi lembab dan terhindar dari kulit pecah dan kering.

Itulah manfaat lidah buaya untuk perawatan wajah. Itu merupakan satu bagian kecil dari manfaat lidah buaya. Seperti lidah buaya terbukti dapat mengobati penyakit kanker atau kulit.

Untuk cara menanam lidah buaya secara baik dan benar cukup gampang. Dimulai dari lingkungan tempat tumbuh kembang tanaman ini. Simpanlah tanaman ini di tempat yang terkena langsung dengan paparan sinar matahari dan berikanlah air secukupnya. Iklim yang bagus untuk cara menanam lidah buaya adalah ketika cuaca panas. Tumbuhan ini memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap berbagai serangan hama dan penyakit.

Untuk mengembang biakkan tanaman Aloe Vera ini, kamu bisa memulai dari tanaman mudanya. Pada bagian akar atau pangkal tanaman lidah buaya dewasa umumnya sudah muncul beberapa lidah buaya muda. Yang kemudian ditanam pada pot atau polybag.

Cara menanam lidah buaya tampak mudah. Tapi tak semudah seperti dibayangkan. Kenyataannya tanaman lidah buaya memerlukan perawatan ekstra. Apabila salah dalam pemeliharaannya bisa mengakibatkan kegagalan.  Untuk langkah pemula, kamu bisa menanam lidah buaya di rumah. Kamu bisa menjadikan tanaman lidah buaya sebagai tanaman hias bersanding dengan tanaman hias lain seperti angkrek, wijayakusumah, dll.

Bagi mereka pemula pastinya kebingungan dalam cara menanam lidah buaya. Mereka akan mempelajari cara menanam lidah buaya dari nol sampai akhir. Selain itu, mereka akan mempelajari cara memelihara lidah buaya supaya dapat tumbuh kembang secara baik. Dan selanjutnya bisa dipanen untuk mendapatkan beragam manfaat dari tanaman lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Anakan

Cara menanam lidah buaya

Untuk cara menanam lidah buaya sangat mudah. Bahkan seorang anak kecil bisa melakukannya. Untuk cara menanam tanaman lidah buaya dengan cara mengambil daunnya. Daun lidah buaya ini akan berkembang biak jika ditanam di dalam tanah. Berikut ini cara menanam lidah buaya secara mudah di rumah menggunakan media pot atau polybag, antara lain:

1. Cara menanam lidah buaya dengan mempersiapkan bahan dan alat

Cara menanam lidah buaya memilih daun lidah buaya

Adapun bahan dan alat yang perlu dipersiapkan dalam cara menanam lidah buaya, antara lain: pot atau polybag yang memiliki saluran drainase yang baik di bawahnya, anakan lidah buaya, tanaman lidah buaya, pisau yang tajam dan bersih, tanah yang gembur, dan air secukupnya.

2. Cara menanam lidah buaya dengan mencari anakan lidah buaya

Cara menanam lidah buaya memotong daun lidah buaya

Setelah mempersiapkan alat dan bahan dengan baik, berikutnya mencari anakan lidah buaya yang berkualitas bagus. Anakan lidah buaya dapat dengan mudah ditemukan pada bagian pangkal lidah buaya dewasa. Ciri anakan lidah buaya adalah mempunyai warna cerah dan umumnya mempunyai rangkaian akar tersendiri dan ukuran lebih kecil.

Baca Juga : 3 Cara Menanam Jahe dengan Polybag Bagi Pemula

Mengambil anakan lidah buaya tidak sembarangan. Anda harus memilih anakan lidah buaya yang memiliki sekurang-kurangnya empat daun. Kemudian pilih juga anakan lidah buaya yang ukurannya seperlima dari tanaman lidah buaya dewasa.

3. Cara Menanam Lidah Buaya dengan memperhatikan akar

Cara menanam lidah buaya tempat hangat

Cara menanam lidah buaya selanjutnya adalah memperhatikan akar. Untuk mendapatkan anakan lidah buaya dapat dilakukan dengan memperhatikan akarnya. Kamu bisa mengeluarkan seluruh tanaman lidah buaya dewasa pada pot. Kemudian bersihkan akarnya dari tanah. Perhatikan akarnya satu persatu sekaligus mencari anakan lidah buaya yang menempel pada lidah buaya dewasa.

4. Memotong anakan lidah buaya dari tanaman pokok

Cara menanam lidah buaya menyiapkan pot

Setelah menemukan anakan lidah buaya dari akar dengan ciri mempunyai akar sendiri, berikutnya memotong atau memisahkan anakan lidah buaya dari indukannya. Kamu dapat menggunakan pisau yang tajam dan bersih untuk memotong anakannya. Lakukan pemotongan secara hati-hati jangan sampai ada potongan akar yang ikut terputus. Pastikan anakan lidah buaya dapat dipisah secara baik beserta akarnya yang melekat.

Setelah dapat mengambil anakan lidah buaya maka kamu dapat mengembalikan kembali tanaman lidah buaya dewasa pada potnya untuk ditanam kembali. Pada beberapa kasus, anakan lidah buaya sulit dipotong dengan resiko kegagalan jika memaksakan diri.

5. Menyediakan pot yang mempunyai drainase yang baik

Cara menanam lidah buaya kaktus

Cara menanam lidah buaya bisa dilakukan di pot karena ini lebih praktis. Ciri polybag atau pot yang mempunyai drainase yang baik adalah memiliki lubang kecil di bawahnya sebagai pembuangan air. Sehingga air yang disiram tidak tergenang. Untuk polybag atau pot yang dijual di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan drainase yang baik. Tapi juga kamu dapat membuat pot buatan dari botol bekas, kamu harus membuat lubang di bawahnya. Hal tersebut untuk menghemat keuangan dalam cara menanam lidah buaya di rumah.

Secara berkala, tanaman lidah buaya disiram air pada waktu pagi dan sore. Tanaman ini sangat menyukai air. Namun dalam jumlah yang memadai. Tidak berlebihan sehingga menggenangi pot. Dengan pemberian air berlebihan akan mengurangi tingkat tumbuh tanaman ini dengan baik. Bahkan bisa merusak tanaman lidah buaya. Akarnya bisa jadi busuk hingga mengalami kematian.

6. Mengisi pot dengan tanah yang subur

Cara menanam lidah buaya menyiram

Setelah mendapatkan anakan lidah buaya dan mempersiapkan pot yang baik sebagai media tanam, selanjutnya memasukkan anakan lidah buaya ke dalam pot. Lalu mengisinya dengan tanah. Pastikan tanah yang dimasukkan mengandung unsur hara dan bernutrisi agar tumbuh kembang tanaman lidah buaya dapat maksimal.

7. Menempatkan Tanaman Di Tempat Yang Cerah

Cara menanam lidah buaya cerah 2

Salah satu cara dalam penanaman lidah buaya memiliki pengaruh kuat untuk pertumbuhan tanaman ialah peletakan pot yang harus di tempatkan pada tempat yang cukup cahaya. Jadi letakkan pot pada tempat yang cerah serta memiliki cukup cahaya. Sebab cahaya juga memiliki peran penting untuk proses pertumbuhan lidah buaya.

Akhir Kata

Demikianlah artikel kami mengenai cara menanam lidah buaya. Kami harap artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kamu yang berminat untuk menanam tanaman lidah buaya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 968

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts