4 Cara Menanam Jahe dengan Metode Terbaik

Cara menanam jahe di rumah merupakan salah satu informasi paling banyak dicari orang. Mengingat Indonesia masih mengalami pandemik covid19. Untuk mencegah terjangkiti virus corona diperlukan daya tahan tubuh manusia yang baik. Upaya tepat untuk itu seperti minum air jahe. Jahe merupakan rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Jahe merupakan rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Jahe sering diambil saripati airnya untuk dijadikan minuman penghangat tubuh manusia sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Jahe sering menjadi bahan obat-obatan alami meningkatkan gairah dan tenaga manusia. Seperti dalam minuman jamu yang kerap mengandung jahe.

Di Indonesia, jahe senantiasa dijadikan obat dalam bentuk minuman, serbuk maupun sekaligus sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Rasa jahe adalah pedas pada saat dipergunakan sebagai bumbu dapur. Pada saat seseorang minum minuman jahe maka ia akan merasakan rasa hangat pada seluruh pencernaan tubuh. Jahe merupakan komposisi bahan wajib yang mesti ada dalam obat tradisional dan termasuk obat jamu-jamuan.

Pada saat negara Indonesia masih mengalami pandemik covid19, tanaman jahe banyak diburu orang. Tanaman jahe menjadi populer dan banyak orang yang mulai bertanam jahe. Lalu bagaimanakah cara menanam jahe? Inilah yang menjadi pertanyaan bagi mereka yang belum sama sekali bertanam jahe.

Manfaat Jahe

Sebelum menguraikan cara menanam jahe, kita akan menguraikan dulu manfaat jahe. Jahe mempunyai banyak khasiat bagi tubuh manusia, antara lain:

  1. Anti oksidan dalam tubuh
  2. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti perut
  3. Mencegah timbulnya penyakit kulit
  4. Menjaga kesehatan tubuh manusia
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit

Setelah kamu mengetahui banyak sekali manfaat jahe pastinya kamu tertarik untuk menanamnya. Menanam jahe merupakan salah satu cara mendapatkan jahe secara gratis dan praktis. Yang sesuai dengan program pemerintah. Sehingga dapat menghindarkan diri dari terkena covid19. Kamu tidak perlu lagi ke pasar untuk membeli jahe. Kamu dapat mengambil jahe langsung di pekarangan rumah dengan cara menanam jahe di rumah.

Keuntungan Menanam Jahe

Ada banyak keuntungan bagi kamu yang memilih usaha menanam jahe. Salah satu keuntungan bertanam jahe adalah keuntungan finansial yang lumayan besar. Mengingat harga jahe per kilogram di pasaran terbilang mahal. Harga satu kilogram jahe di pasaran dijual sebesar Rp 40 ribu yang pada awalnya sebesar Rp 10 ribu. Harga jahe masih dibawah harga kunyit yang sebesar Rp 63 ribu perkg.

Menanam Jahe dapat dilakukan di pot, botol bekas, karung bekas maupun polybag. Dengan cara satu polybag atau pot bisa memuat 4 buah tanaman jahe yang masih berupa rimpang. Kemudian rimpang ditutupi oleh tanah. Yang muncul tunasnya. Kemudian beri air secukupnya. Jangan kekurangan ataupun berlebihan air. Menanam jahe hanya cocok di lokasi tertentu dengan tanah yang mengandung unsur hara tanah sangat tinggi,  kelembapan 80 persen, ketinggian 500 meter sampai 950 meter, dan tingkat curah hujan sebesar 2500 mm setiap tahun.

Cara Menanam Jahe dengan Metode Terbaik

Cara menanam jahe

Lalu bagaimanakah cara menanam jahe di pekarangan rumah? Berikut ini panduan cara menanam jahe secara lengkap di rumah, antara lain:

1. Memilih Jenis Jahe

Cara menanam jahe menyiapkan bibit jahe

Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan rempah-rempah. Hal ini telah diketahui sejak lama hingga negara Belanda dan Jepang menjajah Indonesia. Mereka mengambil rempah-rempah seperti jahe dari Indonesia untuk dikirim ke negara mereka. Ada berbagai jenis jahe di tanah air. Seperti jahe merah, jahe gajah dan jenis jahe lainnya.

Jika kamu mau bertanam jahe maka kamu harus mengetahui dulu jenis jahe yang hendak ditanam. Apakah kamu mau bertanam jahe untuk obat tradisional atau untuk bumbu dapur. Kemudian tentukan pula jenis-jenis jahe yang dipilih.

Di Indonesia terdapat tiga jenis jahe, antara lain :

  • Jahe putih besar

Jahe besar memiliki tanda yang jelas dari ukurannya yang besar dengan panjang sekitar 8,5 cm. Sedangkan umbinya memiliki warna putih kekuningan

  • Jahe putih kecil

Jahe putih kecil mempunyai ukuran panjang sekitar 3 cm sampai 4 cm. Warna umbinya putih sedikit kekuningan. Lapisan jahe tampak berlapis-lapis

  • Jahe merah

Inilah jenis jahe yang sangat populer di tengah pandemik covid19. Ciri khas jahe ini berlapis-lapis. Ukuran panjang sekitar 4,5 cm. Warnanya jingga muda atau merah dengan baunya yang sangat menyengat.

2. Pembibitan

Cara menanam jahe persiapan bibit jahe

Setelah memilih jenis jahe yang hendak ditanam, berikutnya kamu melaksanakan kegiatan pembibitan. Kamu bisa membeli bibit jahe yang kualitas bagus. Seperti rimpang jahe yang memiliki kulit halus dan jahe gemuk berusia 10 bulan.

Baca Juga : 22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Selepas kamu sudah memperoleh rimpang jahe berusia 10 bulan lebih yang bagus maka berikutnya lakukan perendaman rimpang jahe dalam waktu satu malam menggunakan air hangat. Kemudian tanamkan rimpang jahe sampai memiliki tunas. Letak lokasi tanam rimpang jahe yang tepat adalah yang tak mendapatkan sinar matahari dan kering. Setelah itu, jahe bisa dipindahkan dan ditanam di tanah secara baik selepas tunas memiliki panjang 2 cm.

3. Mempersiapkan Media Tanam

Cara menanam jahe media tanam

Kamu bisa menanam jahe di halaman rumah maupun kebun di dekat rumah. Lahan untuk bertanam jahe tidak membutuhkan lahan luas. Dengan lahan sempit pun, kamu dapat menanam jahe. Adapun medianya bisa berupa pot maupun polybag. Ukuran pot yang dianjurkan untuk bertanam jahe adalah 30 cm x 35 cm yang dapat memuat 4 buah jahe.

Lakukan pemindahan rimpang jahe ke media tanam apabila sudah bertunas. Masukkan rimpang jahe beberapa buah. Lalu masukkan tanah yang telah bercampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalamnya. Supaya tanah lebih subur dan tanaman jahe dapat berkembang secara baik.

4. Memelihara Tanaman Jahe hingga Siap Panen

Cara menanam jahe tunas jahe siap panen

Inilah langkah terakhir dari serangkaian cara menanam jahe. Tahap ini relatif mudah dilakukan hanya bertugas melakukan pengawasan. Jika tanaman jahe kurang tumbuh maksimal maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tanaman jahe berkembang maksimal. Salah satu caranya adalah menjauhkan tanaman jahe dari sinar matahari secara langsung. Kemudian, tanaman jahe dapat disimpan di lokasi yang memiliki suhu di kisaran 24 derajat  sampai 30 derajat Celcius.

Dapat diterangkan bahwa tanaman jahe akan tumbuh maksimal di lingkungan bersuhu sekitar 30 derajat celcius. Bertanam jahe di suhu 24 derajat celcius ke bawah akan kurang maksimal. Bibit jahe bisa mati atau tanaman jahe akan sangat lambat dalam pertumbuhannya.

Kemudian secara rutin tanaman jahe disiram oleh air di waktu pagi dan menjelang maghrib atau sore. Jangan terlalu berlebihan menyiram air pada tanaman jahe di pot. Karena air tergenang bisa mengakibatkan jahe mengalami kerusakan. Pada umur 12 bulan, tanaman jahe siap panen. Kemudian dapat diolah menjadi minuman maupun bumbu masakan.

Kesimpulan

Cara menanam jahe susah-susah gampang. Kalau belum terbiasa akan susah. Namun kalau sudah terbiasa cara menanam jahe sangat mudah. Yang diperlukan dalam cara menanam jahe yang baik dan benar adalah mempersiapkan bibit jahe, tanah dan pot. Tanaman yang termasuk empon-empon ini dapat tumbuh di daerah yang kering atau tropis.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi sangat mudah bagi kamu mendapatkan informasi cara menanam jahe di pot atau polybag. Cara paling mudah adalah kamu bertanya langsung ke petani jahe terdekat. Secara garis besar, cara menanam jahe terdiri-dari bagian memilih rimpang yang baik, menentukan media tanam, menanam rimpang, dan memelihara jahe. Upaya cara menanam jahe dapat berhasil jika melakukan langkah demi langkah di atas secara baik dan benar.

Demikian cara menanam jahe di rumah secara baik dan benar. Semoga dapat berguna bagi para pembaca semua. Khususnya mereka yang tertarik bisnis budidaya jahe.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.