6 Alasan Serta Cara Memasang Iklan Di Facebook Dan Instagram!

Salah satu cara paling populer buat memperkenalkan produk kamu adalah dengan cara memasang iklan di Facebook dan Instagram. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengetahui cara memasang iklan di facebook dan instagram.

Cara Memasang iklan di Facebook dan Instagram sangat berpengaruh untuk para pengusaha, terutama pebisnis online. Para pengusaha online ini pasti sudah mengetahui adanya jasa iklan di facebook dan instagram tetapi mereka belum mengetahui cara memasang iklan di facebook dan Instagram.

Dengan berjalannya waktu, sebagian pengusaha online sudah mengetahui cara memasang iklan di Facebook dan Instagram. Kami akan memberikan informasi kepada para pengusaha online yang belum mengetahui tentang alasan dan cara memasang iklan di Facebook dan Instagram dengan mudah untuk para pemula.

Alasan Memasang Iklan Di Facebook Dan Instagram

Cara Memasang Iklan Di Facebook Alasan

Seiring perkembangan jaman, trend terkini buat memperkenalkan brand maupun produk kamu adalah dengan cara memasang iklan di Facebook dan Instagram. Mengapa? Berikut beberapa alasan pengusaha melihat cara memasang iklan di facebook dan instagram:

Perkembangan Instagram yang kian pesat.

Di bulan Maret 2017, tercatat sudah 1 juta akun memulai kegiatan promosi mereka di Instagram dengan memakai fitur profil bisnis Instagram. Padahal di bulan Maret 2016 tercatat hanya 200.000 akun memasang iklan di Instagram.

Siapa saja bisa memasang iklan di Instagram.

Tidak ada batasan apapun dalam memasang iklan di Instagram, kamu cuma perlu punya akun saja. Namun tentu selama kamu memenuhi syarat-syarat yang ada ya.

Target audiens Instagram yang terhubung Facebook bisa ditetapkan.

Karena Facebook sudah mengakuisisi Instagram, maka keduanya sudah terhubung. Kamu bisa menargetkan audiens seperti apa yang mau kamu jangkau di Instagram yang terhubung Facebook.

Tidak ada batasan dalam keterlibatan audiens.

Entah kamu sebagai pemilik bisnis yang mempromosikan bisnis kamu, atau sebagai audiens, kamu bisa memberikan komentar di foto.

Iklan tidak terlihat sebagai iklan.

Karena iklan terlihat sebagai postingan di Instagram, jadi para pengguna Instagram tidak bakal mengira konten itu adalah iklan.

Instagram membantu menjangkau audiens lebih luas.

Dengan begitu maka kesadaran merek atau brand kamu bakal lebih ditingkatkan, kamu juga bakal mendapat lebih banyak klik ke situs web, bahkan bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.

Seperti itulah Alasan para pengusaha melakukan cara iklan di Instagram yang benar dan aman.

Pilihan Pada Instagram Feed Ads

Cara Memasang Iklan Di Facebook Instagram Ads

Ada baiknya sebelum mengetahui cara memasang iklan di Facebook dan Instagram, kamu lebih dulu mengetahui pilihan jenis iklan apa saja yang tersedia di Instagram.

Photo Ads

Cara Memasang Iklan Di Facebook photo Ads

Kamu bisa membuat kreasi sampai enam iklan yang berisi satu gambar dengan memakai iklan single image. Mau tahu cara membuatnya?

  1. Pilih gambar buat iklan kamu, entah itu mencari di library Facebook images kamu, mengunggah foto baru, atau memakai gambar gratis yang tersedia di Facebook.
  2. Tambahkan caption di kolom teks, tapi jangan sampai lebih dari 125 karakter ya. Karena itu jumlah yang direkomendasikan Facebook biar bisa ditampilkan tanpa perlu klik read more.
  3. Klik Tambahkan URL situs web kalau kamu mau mengarahkan audiens ke situs iklan kamu.
  4. Masuk ke URL situs web kamu dan pilih tombol CTA..

Video Ads

Kreasi jenis iklan ini bisa berupa video atau GIF, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih video atau pilih upload baru.
  2. Pilih thumbnail video dari gambar yang disediakan Facebook, atau kamu bisa juga upload manual dengan gambar pilihan kamu.
  3. Unggah file SRT kalau kamu mau tambahkan teks video.
  4. Seperti Photo Ads, sertakan juga caption di kolom teks, tapi ingat, jangan sampai lebih dari 125 karakter ya, soalnya itu jumlah yang direkomendasikan Facebook biar bisa ditampilkan tanpa perlu klik read more.
  5. Tambahkan juga URL situs web kamu lalu pilih tombol CTA kalau kamu mau memperbanyak lalu lintas pengunjung ke website kamu.

Slideshow Ads

Cara Memasang Iklan Di Facebook slideshow Ads

Di jenis iklan ini kamu bisa mengkreasikan 10 gambar dengan musik menjadi satu. Maka bakal terlihat tampilan slideshow seperti di power point. Cara membuatnya adalah:

  1. Upload slideshow dari file library kamu atau bisa juga bikin slideshow baru dengan memakai slideshow creator di Facebook Ads Manager.
  2. Unggah, atur, dan sesuaikan pengaturan gambar serta tambahkan musik.
  3. Pilih thumbnail, caption, lalu jangan lupa tambahkan juga URL website kalau kamu rasa perlu.
  4. Kamu juga bisa pakai postingan yang ada di Facebook kamu buat iklan Instagram.
  5. Kamu juga bisa pakai carousel ads buat tampilkan beberapa video atau gambar dalam satu waktu.

Carousel Ads

Cara Memasang Iklan Di Facebook carousel Ads

Dalam memasang iklan di Facebook dan Instagram, pilihan jenis iklan yang bisa kamu pilih adalah Carousel Ads yang terdiri dari dua atau lebih video atau gambar. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan caption di iklan kamu.
  2. Kamu bisa tambahkan sampai 10 kartu dalam satu iklan dengan upload video, gambar, atau slideshow di tiap kartunya.
  3. Jangan lupa isi judul utama yang bisa berbeda-beda di tiap kartu.
  4. Kosongkan deskripsi.
  5. Tambahkan URL tujuan dan tombol CTA kalau kamu mau.
  6. Abaikan dan biarkan See More URL dan See More Display URL tetap kosong.
  7. Pilih tombol CTA yang menurutmu paling sesuai dengan keseluruhan rangkaian gambar. Ingat ya, CTA bakal terlihat sama di tiap kartu.
  8. Cek halaman Bantuan Bisnis Facebook kalau kamu merasa perlu rekomendasi panduan, desain, ataupun tips buat carousel ads.

Instagram Stories Ads

Cara Memasang Iklan Di Facebook Instagram stories Ads

Salah satu cara memasang iklan di Facebook dan Instagram yang bisa kamu lakukan adalah dengan memakai fitur iklan di Instagram Stories buat bisnis. Soalnya iklan Instagram ini bakal muncul di antara Stories pengguna, lumayan bukan? Namun sebelumnya kamu mesti memilih sasaran Jangkauan lalu pilih Stories di bagian placement section.

Iklan di Instagram Stories ini menawarkan dua format berbeda.

Single Image

Dengan format satu ini, kamu bisa membuat hingga enam iklan di satu gambar. Tiap iklan bakal terlihat sama seperti di Stories Post Instagram namun di bagian bawahnya ada teks berbunyi Sponsored. Cara membuatnya adalah:

  1. Unggah gambar kamu.
  2. Klik pilihan Show Advanced Options kalau kamu mau aktifkan pelacakan pixel atau offline tracking.

Single Video

Kamu bisa upload video atau GIF berdurasi 1 menit di jenis iklan ini. Cara membuatnya seperti di bawah ini.

  1. Upload file video atau GIF.
  2. Pilih gambar di thumbnail iklan. Thumbnail ini bakal jadi gambar pertama yang dilihat pengguna lain sebelum video diputar ya, jadi pastikan pilih gambar berkualitas tinggi.
  3. Klik Show advance option buat aktifkan pelacakan pixel atau offline tracking.

Cara Memasang Iklan Di Facebook Dan Instagram Di Pengelola Iklan

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal cara memasang iklan di facebook dan instagram di bawah ini.

  • Kalau kamu mau terhubung ke akun Instagram, tinggal tambahkan ke Pengelola Bisnis atau hubungkan lewat pengaturan Halaman.
  • Jangan lupa siapkan video atau gambar yang kamu pakai di iklan.
  • Tetapkan tujuan iklan Facebook sesuai tujuan marketing promosi kamu.

Kalau kamu belum punya akun Instagram, kamu bisa pakai Halaman Facebook milik bisnis buat menjadi suara iklan Instagram kamu.

Nah, sekarang mari bahas bagaimana cara memasang iklan di Facebook dan Instagram buat iklan kamu dengan memakai Pengelola Iklan.

  1. Pertama-tama untuk cara memasang iklan di facebook dan instagram adalah buka Pengelola Iklan lalu klik tombol Buat. Ikuti semua langkah buat Pembuatan Iklan Terpadu atau Pembuatan Cepat.
  2. Pilih tujuan dari daftar yang tersedia, pilih dari tujuan berikut ini ya, biar iklan kamu memenuhi syarat buat ditayangkan di Instagram. Tujuan tersebut antara lain:
  • Brand Awareness.
  • Traffic biar bisa klik ke situs web kamu atau toko aplikasi.
  • Penginstalan aplikasi.
  • Interaksi, tapi terbatas buat interaksi postingan saja ya.
  • Tayangan video.
  • Konversi buat konversi di situs web atau aplikasi kamu.

  1. Di samping Campaign Name, tambahkan nama buat kampanye kamu atau bisa juga pakai nama default yang muncul.
  2. Pilih karakteristik audiens yang sesuai dengan target kamu, misalnya umur, minat, jenis kelamin, atau lainnya.
  3. Pilih anggaran dan tetapkan jadwal penayangan iklan kamu di bagian Anggaran & Jadwal.
  4. Kamu bisa juga lho atur pilihan pengoptimalan dan penawaran secara manual. Caranya di bagian Pengoptimalan untuk Penayangan Iklan, kamu bisa memperbarui cara optimalkan iklan. Dan di bagian Jumlah Penawaran, kamu bisa pilih tawaran Manual.
  5. Tambahkan nama buat set iklan kamu atau pakai nama default yang muncul di samping nama set iklan.
  6. Pilih jenis materi iklan yang mau kamu sertakan di iklan pada bagian Format.
  7. Pilih Halaman Facebook di bagian Materi Iklan, buat mewakili bisnis kamu di Kabar Beranda Facebook.
  8. Pilih akun Instagram di bawah Akun Instagram.
  9. Jangan lupa buat mengisi detail iklan ya, misalnya teks, judul, dan tombol ajakan bertindak. Klik Tampilkan opsi lanjutan kalau mau tambahkan materi iklan.
  10. Di bagian bawah Pratinjau Iklan, semua penempatan bakal dipilih secara default.
  11. Klik Konfirmasi kalau kamu pakai Pembuatan Iklan Terpadu.
  12. Kalau kamu pakai Pembuatan Cepat, ada dua pilihan:
  • Edit elemen tanpa memperdulikan urutan lalu langsung terbitkan di panel pengeditan dengan klik Terbitkan.
  • Edit dan simpan sebagai draft dengan klik Tutup biar nanti kamu bisa kembali edit dan terbitkan nanti dengan klik Tinjau dan Terbitkan.

Bagaimana? Sudah dapatkan cukup banyak info soal cara memasang iklan di Facebook dan Instagram? Jadi jangan ragu lagi dan segera pasang iklan kamu ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 932

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.