7 Cara Main Saham yang Cocok untuk Investor Pemula

Cara main saham online merupakan salah satu permainan orang-orang kaya di dunia. Untuk mulai bermain saham dibutuhkan modal yang tak besar.  Misalkan kamu mau beli saham yang harganya Rp 50 per lembar maka modal yang harus kamu persiapkan sebesar Rp 5000 untuk membeli satu sot atau 100 lembar saham.

Kekayaan adalah hal yang paling diinginkan semua manusia. Siapa sih yang tidak ingin kaya? Namun untuk meraih kekayaan itu berbeda jalur yang ditempuh oleh manusia. Ada yang memilih kaya lewat jalur bisnis. Dan ada pula yang memilih jalur kaya lewat investasi. Salah satu yang paling memberikan potensi laba besar adalah investasi saham.

Investasi saham tidak terlepas dari upaya seseorang untuk merencanakan masa depan yang sejahtera. Dalam waktu tertentu seperti lima tahun atau sepuluh tahun, seseorang biasanya mempunyai target tertentu. Misalkan tatkala sepuluh tahun mendatang mempunyai bisnis yang menghasilkan omset milyaran, target piknik keliling dunia, membeli rumah, menikah, dll.

Salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk mencapai bebas finansial banyak cara. Misalkan menabung uang di bank dalam jangka waktu lama. Namun cara ini sudah tak efektif lagi. Yang paling efektif adalah menyimpan uang dalam produk investasi. Salah satunya adalah investasi saham yang bisa menghasilkan keuntungan yang lebih menjanjikan ketimbang produk investasi yang lain.

Keuntungan dari Investasi Saham

Keuntungan Cara Main Saham

Sebelum membahas cara main saham, alangkah baiknya kita mempelajari dulu kelebihan investasi saham. Investasi saham mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya return yang diperoleh lebih besar ketimbang kamu menyimpan uang dalam bentuk tabungan maupun deposito di bank. Keuntungan besar bisa diperoleh dalam waktu singkat dengan cara menjadi trading saham. Untuk keuntungan besar di masa depan, kamu bisa membeli saham potensial.

7 Cara Main Saham yang Cocok untuk Investor Pemula

cara main saham

Berikut ini beberapa pedoman cara main saham untuk meningkatkan pendapatan yang lebih besar lagi, antara lain:

1. Pendapatan deviden

Saham yang kamu beli bisa menghasilkan pendapatan deviden. Apa itu deviden? Pembagian keuntungan yang diberikan kepada pemilik saham atas dasar jumlah saham yang dikuasainya. Untuk mendapatkan deviden yang lebih besar maka ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membeli saham sebanyak mungkin. Dan cara kedua, dengan membeli saham di beberapa perusahaan.

Semakin besar jumlah kepemilikan saham kamu pada suatu perusahaan maka semakin besar pemasukan atau pendapatan deviden yang didapatkan pemegang saham tersebut. Dan semakin banyak perusahaan yang kamu beli sahamnya maka semakin besar pendapatan deviden yang diperoleh oleh kamu selaku investor tersebut.

Baca Juga : 22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Dengan demikian, kamu bisa bebas finansial dan sejahtera secara ekonomi dari investasi saham. Dengan berharap mendapatkan deviden dari banyaknya saham yang dimiliki. Beberapa artis  investor saham menggunakan deviden untuk membeli mobil baru, rumah baru atau mendanai biaya pendidikan anaknya.

2. Kepemilikan

Investasi saham adalah investasi yang menunjukkan porsi kepemilikan kamu atas suatu perusahaan. Kamu mempunyai saham atas suatu perusahaan berarti kamu adalah pemilik perusahaan tersebut dengan porsi tertentu. Jika kamu mempunyai saham yang sangat besar atas suatu perusahaan maka sangat berpengaruh suara kamu bagi perusahaan tersebut. Selain itu, kamu mempunyai hak atas perusahaan tersebut misalkan pembagian deviden. Kepemilikan saham yang banyak atas suatu perusahaan merupakan cara main saham yang benar.

3. Diversifikasi

Apa itu diversifikasi? Diversifikasi adalah suatu teknik cara main saham yang cukup efektif untuk meningkatkan laba dari investasi saham. Cara main saham ini untuk menghindarkan resiko kerugian akibat resiko bermain saham. Seperti yang diajarkan oleh Warren Buffet yang sangat populer dengan mengatakan : “Jangan menyimpan telur di keranjang yang sama.”

Diversifikasi adalah menyebar saham pada beberapa perusahaan. Kamu membeli saham tidak hanya pada saham satu perusahaan. Tapi saham beberapa perusahaan lain. Sehingga ketika satu saham perusahaan menurun maka kamu bisa mengandalkan laba dari saham perusahaan lain.

4. Saham Online

Kamu dapat trading atau membeli dan menjual saham secara online. Cara ini lebih praktis dan canggih yang akan lebih menghemat keuangan dan kinerja. Inilah cara main saham yang perlu dilakukan kamu di jaman modern sehingga efisiensi dapat dilakukan dalam waktu, uang dan tenaga.

5. Pemilihan perusahaan sekuritas terbaik

Untuk melakukan investasi saham, pemerintah telah menetapkan peraturan bahwa investor tidak bisa langsung membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Akan tetapi, mesti melalui sebuah perusahaan broker saham ataupun perusahaan sekuritas.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya dan bersertifikat resmi. Perusahaan sekuritas yang menjamin transaksi saham berlangsung aman dan transparansi. Ini merupakan bagian cara main saham yang aman.

6. Biaya transaksi yang rendah

Cara main saham diawali dengan terlebih dahulu membuat rekening efek pada perusahaan broker saham atau perusahaan sekuritas. Selepas, seseorang mempunyai rekening saham efek yang berupa e-money, selanjutnya melakukan transfer sejumlah uang dalam nominal tertentu ke rekening efek untuk pembelian saham perdana.

Adapun keuntungan dari perusahaan sekuritas berasal dari biaya pembelian atau penjualan saham yang dibebankan kepada investor. Pada saat investor membeli saham maka perusahaan memberikan biaya tertentu. Biasanya biaya penjualan saham sekitar 0,29 persen, adapun biaya pembelian saham sekitar 0,19 persen. Inilah keuntungan dari perusahaan sekuritas.

Pemilihan perusahaan sekuritas yang merupakan bagian cara main saham yang baik mesti melihat juga beban biaya pembelian saham dan penjualan saham. Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang memberikan biaya pembelian saham dan penjualan saham terendah supaya keuntungan dari investasi saham dapat lebih besar.

7. Memperluas investasi saham

Cara main saham berikutnya adalah kamu bisa memperluas investasi saham bukan hanya di bursa saham Indonesia. Tapi juga di bursa saham dunia. Seperti bursa saham Hongkong, Bursa Saham Singapura, Bursa Saham Newyork, Bursa Saham Inggris, Bursa Saham Hangseng, Bursa Saham Perancis, Bursa Saham Tokyo dan lain sebagainya. Dengan demikian, investasi yang kamu lakukan bisa melingkupi seluruh dunia.

Yang menjadi berita baik dalam cara main saham, untuk memulai investasi saham dapat dimulai dengan modal kecil. Investasi saham bukan hanya untuk kalangan berduit. Kalangan yang memiliki penghasilan terbatas pun bisa mulai investasi saham. Mengingat harga saham sudah murah. Dan kamu bisa membelinya dalam jumlah tertentu.

Untuk contoh sederhana, di Bursa Saham Indonesia ada saham yang dijual sebesar Rp 50 per lembar saham. Ketentuan pembelian saham di BEI harus satu lot sebanyak 100 lembar. Berarti kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 (Rp 50 x100) untuk membeli saham suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Bagi para pemula sangat mungkin melakukan kesalahan dalam investasi saham. Namun seiring berjalan waktu , bertambah ilmu dan pengalaman akan membuat investasi saham akan lebih optimal memberikan keuntungan tinggi.

Cara main saham merupakan suatu teknik yang perlu dikuasai oleh para investor saham terutama yang masih pemula. Supaya investasi saham tidak sia-sia dan mampu memberikan keuntungan yang optimal. Yang membuat para pemula tertarik untuk memperbesar anggaran keuangan yang ditanamkan pada investasi saham.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 981

No votes so far! Be the first to rate this post.