6 Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Paling Dicari !

  • Whatsapp
Bisnis Properti

Bisnis properti menjadi bisnis yang cukup diminati masyarakat Indonesia karena mampu menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Jika berbicara mengenai properti, hal pertama yang mungkin terbesit dalam pikiran kita adalah mewah. Ya, memang bidang properti lebih cenderung ke arah jual beli tanah, rumah, apartemen dan sejenisnya. Oleh karena itu bisnis ini menjadi peluang bisnis yang menarik dan dapat dimanfaatkan guna meraup keuntungan semaksimal mungkin.

Anda mungkin berfikir bahwa untuk memulai bisnis properti membutuhkan modal yang besar. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena untuk pemain besar dalam bidang properti memang membutuhkan dana ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Cara Mudah Bisnis Properti Tanpa Modal

Bisnis Properti

Bagi Anda yang baru ingin memulai dan terhambat keterbatasan dana, Anda dapat menjalankan peluang bisnis dalam bidang properti ini dengan minim modal. Dikatakan minim modal karena memang tidak mungkin untuk memulai bisnis ini benar-benar tanpa modal. Anda perlu skill komunikasi yang baik dan merogoh kocek agar Anda dapat memperoleh calon pembeli yang potensial.

Ketika Anda terjun mulai dari nol dalam peluang bisnis properti yang menggiurkan ini, Anda akan belajar mengatasi kendala-kendala yang ada dan memikirkan solusi terhadap kendala tersebut. Anda harus menghindari terlalu lama berfikir untuk kendala tersebut agar tidak menimbulkan stres.

Luangkanlah waktu untuk membaca mengenai bidang properti, atau Anda bisa berkumpul bersama komunitas properti guna menemukan ide bisnis yang sesuai dalam bidang properti. Saat Anda menemukan solusi yang tepat, Anda akan merasakan rasa puas yang tak tertandingi.

Bagi Anda yang bingung harus memulai darimana untuk menjalankan ide bisnis dalam bidang properti, Anda dapat menyimak tips yang kami berikan dibawah ini sebagai gambaran awal untuk melangkah sedikit demi sedikit dalam membangun karir bisnis properti Anda.

Melihat Peluang Bisnis dari Lingkungan Sekitar

Anda tentu seringkali menjumpai rumah dijual dalam lingkungan sekitar. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Akan lebih mudah jika Anda mengenal orang yang ingin menjual rumah tersebut. diskusikan apakah boleh Anda ikut memasarkan rumah yang sedang dijual tersebut.

Tanyakan pula detail seluk beluk rumah tersebut mulai dari sertifikat, harga yang dipatok, ukuran tanah dan sebagainya. Kalau boleh minta izin untuk mengambil gambar bagian-bagian rumah tersebut sebagai bahan untuk memasarkannya nanti. Setelah Anda berhasil memperoleh izin dan detail rumah dijual tersebut, saatnya Anda beraksi.

READ  22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Mencari Calon Pembeli

Setelah Anda berhasil memperoleh detail dan bahan dari rumah dijual dilingkungan sekitar Anda, kini saatnya Anda mencari calon pembeli. Untuk mencari calon pembeli ini memang gampang-gampang susah. Anda bisa mencoba memulai memasarkannya melalui situs jual beli rumah seperti OLX, rumah123, lamudi dan situs sejenisnya.

Jangan lupa untuk memajang gambar detail bagian rumah yang telah Anda potret tadi. Jika Anda memiliki modal, Anda dapat merogoh kocek ratusan ribu untuk mengiklankan postingan “rumah dijual” Anda supaya terpampang di halaman utama situs jual beli tersebut selama beberapa hari. Jika ada yang tertarik pada iklan Anda, tentu calon pembeli akan mengontak Anda dan jangan lupa untuk melayani mereka sebaik mungkin.

Kerjasama Dengan Pihak Developer

Jika Anda menemui titik buntu dengan bisnis properti dalam memasarkan rumah dijual disekitar, Anda dapat mencoba alternatif ide bisnis lainnya yakni bekerjasama dengan developer rumah untuk menjual properti mereka. Ide bisnis model seperti ini sudah banyak dilakukan oleh orang yang baru terjun dalam peluang bisnis bidang properti.

Pertama-tama Anda harus rajin mengunjungi perumahan yang baru dibangun ataupun pameran properti yang sedang berlangsung disekitar Anda. Salah satu hal yang menentukan dalam bisnis properti ini adalah lokasi. Jika lokasi strategis maka akan meningkatkan harga dan minat calon pembeli. Carilah informasi sedetail mungkin supaya calon pembeli juga memiliki gambaran yang menarik terhadap peluang bisnis properti yang akan Anda pasarkan.

Tanyakan detail properti yang dijual seperti kondisi sekitar, harga, luas tanah, berapa lantai, sertifikat dan lainnya. Jangan lupa untuk mengikat kerjasama tersebut diatas hitam putih supaya lebih jelas dan tidak ada pihak yang dirugikan. Anda juga harus mengetahui komisi yang akan Anda dapatkan jika berhasil menjual properti yang dipasarkan.

Setelah jelas, Anda harus mencari calon pembeli yang potensial. Skill komunikasi Anda sangat diperlukan dan sangat menentukan dalam bisnis properti seperti ini dengan memahami dan meyakinkan calon pembeli.

Hindari hal yang melebih-lebihkan kondisi properti yang Anda jual karena jika calon pembeli melihat langsung properti yang Anda pasarkan dan tidak sesuai dengan apa yang Anda katakan, maka calon pembeli tersebut akan lari dan kemungkinan besar tidak akan mau lagi mempercayai Anda.

Dan juga perlu Anda pahami, jangan menaikkan harga terlalu tinggi karena Anda harusnya sudah memiliki perjanjian komisi dengan developer.

READ  Berbisnis Dengan Aplikasi Chat : Ini Cara Cool nya !

Membuat Branding Anda Sendiri

Setelah bisnis properti Anda mulai berjalan lancar, Anda dapat membangun branding Anda sendiri agar terlihat lebih profesional. Pastikan brand yang Anda bangun sudah Anda daftarkan secara hukum untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan dikemudian hari. Ketika Anda telah memiliki brand sendiri maka calon penjual dan pembeli akan lebih percaya pada bisnis properti Anda.

Mengelola Keuangan Anda

Dalam membangun ide bisnis dalam bidang properti Anda dituntut memiliki kondisi keungan yang sehat. Oleh karena itu Anda harus pintar mengelola keungan. Ketika Anda berhasil menjual properti dan mendapatkan komisi, sebisa mungkin Anda harus menyisihkan keuntungan tersebut untuk ditabung guna melakukan Scale Up dikemudian hari.

Ingat, menabung terus-menerus dalam bentuk uang bukan solusi untuk menjadi kaya karena uang akan tergerus inflasi. Anda harus memperbesar usaha Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh memiliki tabungan. Alangkah baiknya jika Anda menabung dalam bentuk emas, properti dan sejenisnya yang tidak akan tergerus inflasi.

Scale Up Usaha Anda

Anda tidak mau bukan terus-menerus mencari calon pembeli dan penjual sendirian? Dengan hasil komisi penjualan yang selama ini sudah Anda sisihkan, Anda dapat melakukan Scale Up dengan mencari karyawan yang dapat membantu Anda. Setidaknya Anda perlu mencari karyawan dalam bidang marketing dan administrasi.

Ketika ide bisnis dalam bidang properti yang Anda geluti semakin besar, tentu Anda akan kewalahan menghadapi calon pembeli yang semakin banyak. Oleh sebab itulah karyawan sangat diperlukan agar usaha Anda tetap berjalan lancar.

Pada fase ini, pengalaman Anda sudah banyak karena Anda terjun dalam ide bisnis bidang properti mulai dari nol dan resiko kegagalan akan berkurang karena pengalaman adalah guru terbaik. Kesuksesan Anda ditentukan oleh doa dan usaha keras Anda melalui proses yang dapat membangun karakter Anda.

Jangan berharap kesuksesan yang instan karena hal tersebut tidak akan bertahan lama. Demikianlah tips yang dapat Anda aplikasikan dalam membangun bisnis dalam dunia properti dengan modal yang minim. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 482

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts