Cara Jitu Memulai Bisnis Digital di Tahun 2021

  • Whatsapp
Cara Bisnis Digital

Cara memulai bisnis digital dari nol adalah informasi penting yang sangat dicari oleh mereka yang ingin menghasilkan uang lewat internet. Lalu bisnis digital apa saja yang bisa dilakoni seseorang? Tentu saja usaha online yang benar-benar menghasilkan uang yang sangat besar dalam jangka panjang. Bukan hanya bisnis online yang hanya untung sesaat.

Di tengah masyarakat ini sudah banyak orang yang melakoni bisnis digital sebagai peluang bisnis yang baru bagi mereka. Dari mulai kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, karyawan, pengangguran, guru honorer, pengusaha sampai pegawai negeri sipil. Mereka mengharapkan penghasilan tambahan dari bisnis digital yang dilakoni dan sebagian lagi karena hobi.

Jika kamu menghitungnya ada berbagai macam dan varian dari bisnis digital dan bisnis online. Seperti survey online, digital marketing, berjualan produk fisik dan digital online, google adsense blog, google adsense youtube, payper click, pay per view, saham online, trading online, jual jasa dan keterampilan secara online, dan lain sebagainya.

Menurut para pakar internet jika dihitung ada jutaan macam bisnis online dan digital marketing yang ada di dunia. Jumlahnya terus bertambah banyak setiap hari. Apabila kamu berminat untuk melakukan bisnis internet dan digital marketing maka kamu hendaklah memilih bisnis digital yang bersifat jangka panjang. Ia bukanlah bisnis musiman yang hanya untung sesaat. Namun bisnis online yang terus menghasilkan laba dalam jangka waktu sangat lama.

Di internet banyak sekali kamu jumpai cerita mengenai kesuksesan seorang pelaku bisnis digital yang meraup keuntungan sampai ratusan juta rupiah perbulan. Hal itu sungguh real dan nyata karena bisnis digital marketing dan bisnis online memang menjanjikan pendapatan yang sangat besar.

Cara Jitu Memulai Bisnis Digital di Tahun 2021

Cara Bisnis Digital

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka bisnis digital tanpa modal maka berikut ini panduan lengkap cara memulai bisnis digital dari nol, antara lain:

1. Menentukan Barang yang akan Dijual

Bisnis Digital - Menentukan Barang yang akan Dijual

Langkah pertama dalam memulai bisnis digital ataupun bisnis online adalah menentukan jenis barang apa yang akan dijual. Barang atau produk terdiri dari dua macam yakni produk fisik maupun produk digital. Contoh produk fisik, antara lain :

  • Sepatu
  • Tas
  • Baju
  • Aksesoris
  • Permadani
  • Perabotan rumah tangga

Sedangkan contoh produk digital, antara lain:

  • Ebook
  • Games
  • Software atau aplikasi

Dalam menetapkan barang yang akan dijual di bisnis digital maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mengenai produk tersebut, antara lain:

  • Kualitas produk sangat baik yang dibuktikan oleh pemakaian oleh sendiri. Dan kamu merasakan puas atas kualitas produk tersebut disamping manfaat yang didapatkan. Kamu tidak mau kan produk yang dijual mendapatkan banyak komplain?
  • Mempunyai suplier produk tersebut. Yang tentu saja memberikan harga termurah. Sehingga jika kamu menjual kepada konsumen, kamu memperoleh keuntungan yang lumayan besar
  • Memahami produk yang akan dijual. Dengan memahami suatu produk yang mau dijual maka ketika konsumen menanyakan fungsi atau yang berkaitan dengan produk tersebut kamu tak mengalami kesulitan. Kamu bisa menjelaskan secara lengkap dan gamblang mengenai produk yang dijual. Inilah yang disebut dengan product knowledge.

Selain itu, kamu bukan hanya memahami produk yang dijual secara digital marketing. Tapi mesti menyeluruh sampai ke bagian sedetail mungkin. Yang meliputi harga jual produk tersebut di pasaran. Dan harga produk tersebut di kompetitor.

  • Penentuan produk yang mau dijual diriset pula berdasarkan popularitas dan tingkat kelarisan. Ada beberapa produk yang bagus untuk dijual di internet melalui digital marketing. Dan ada sebagian barang yang kurang bagus dijual di internet. Kamu mesti memahaminya satu persatu.

Untuk mengetahui produk yang bagus untuk dijual di internet adalah produk yang laris manis di internet. Kamu bisa mengintipnya dari produk-produk yang dijual di media sosial. Lihatlah berapa banyak prospek yang memesan barang tersebut berdasarkan komentar.

Semakin banyak komentar pemesanan maka barang itu sangat bagus dijadikan bisnis online. Sebab barang itu termasuk kategori jenis barang yang laris manis.Selain menggunakan media sosial Facebook, untuk mengetahui produk terlaris di internet dapat juga menggunakan Google Trend atau Google Keyword Planner.

Setelah menentukan barang yang akan dijual yang diperkirakan akan laris manis maka tahap selanjutnya adalah melakukan riset terhadap pesaing atau kompetitor yang ada.

2. Melakukan Riset Pesaing

Bisnis Digital - Melakukan Riset Pesaing

Setelah memilih produk yang mau dijual selanjutnya melakukan riset pesaing. Kamu akan mendapatkan pesaing yang sama dalam menjual produk tersebut. Dari sinilah kamu harus memahami siapa saja pesaing ? Dan berapa jumlah serta tersebar di daerah mana saja? Berapa harga barang yang mereka tawarkan?

Dalam bisnis digital atau bisnis online, kamu hendaknya jangan sampai ‘buta’ terhadap peredaran pesaing. Kamu bisa melihat bagaimana strategi mereka berpromosi? Bagaimana mereka membuat sales letter yang baik? Dan lain sebagainya.

Untuk melihat strategi pesaing dalam menjualkan produk sama maka kamu bisa melihat kinerja pesaing di media sosial maupun marketplace. Contohnya lewat Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan Tokopedia. Seperti sebuah ungkapan bahwa bisnis itu sangat mudah. Kamu bisa melakukan teknik ATM yaitu tiru, amati dan modifikasi. Dalam soal promosi maupun teknik penjualan.

3. Menampilkan Kelebihan

Bisnis Digital - Menampilkan Kelebihan

Jika kamu menawarkan barang yang sama dengan kata-kata dan cara yang sama maka tak ada kelebihan dalam bisnis online. Suatu bisnis online yang sukses adalah mereka yang menawarkan kelebihan atau keunggulan dari pesaing. Hingga ia bisa berbeda dari yang lain. Contohnya kamu bisa memberikan :

  • Diskon menarik
  • Respon cepat
  • Pengemasan rapi dan aman

4. Harga Jual yang Lebih Murah

Bisnis Digital - Harga Jual yang Lebih Murah

Hal ini sebenarnya relatif. Namun sebagai patokan, konsumen lebih menginginkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut tak terlepas dari manusia sebagai makhluk yang selalu ingin untung. Dan sudah menjadi tabiat dasar sejak lahir.

Kalau dalam bisnis digital kamu tak memungkinkan menjual barang dengan harga lebih murah dari pesaing maka kamu bisa menerapkan harga yang sama. Namun dengan jaminan pelayanan yang lebih baik dari kompetitor dan barang mempunyai kualitas yang bagus.

5. Mendapatkan Suplier Termurah

Bisnis Digital - Mendapatkan Suplier Termurah

Di jaman canggih dan keterbukaan informasi sekarang ini untuk mencari suplier atas suatu barang termurah akan lebih mudah ketimbang jaman dulu. Kamu bisa mencari suplier barang termurah dari produk dengan melihat darimana ia mengambil barang, dan dengan cara bertanya langsung kepada penjualnya.

Penulis pernah melakukan pelacakan terhadap asal suplier yang memasok produk kepada penjual. Pelacakan melalui media sosial facebook lewat jalur pertemanan. Dan akhirnya bisa didapatkan suplier pedagang online tersebut. Inilah salah satu teknik untuk mendapatkan suplier.

Suplier produk termurah itu hendaknya bukan hanya satu. Kalau bisa lebih dari satu. Lebih banyak tentu lebih baik. Hal ini untuk menjaga-jaga jika suatu barang dari suatu suplier mengalami kekosongan maka kamu bisa mendapatkan barang itu di suplier kedua. Dan seterusnya. Seperti yang dilakukan oleh penulis yang mempunyai beberapa suplier yang tersebar di beberapa daerah di Jawa Barat.

Suplier yang dipilih bukan hanya memberikan harga barang termurah. Tapi juga memastikan mereka terpercaya atau dapat dipercaya. Misalkan dalam pemberian garansi, kualitas barang yang baik dan lain-lain. Suplier yang didapatkan bisa berasal dari daerah lokal, daerah lain sampai luarnegeri.

6. Membuat Merk

Bisnis Digital - Membuat Merk

Hal ini yang sering dilupakan oleh para pebisnis online dan pelaku digital marketing. Mereka menjual suatu produk tanpa disertai merek. Padahal peranan brand sangat penting untuk menimbulkan kesan dan citra positif terhadap produk dan bisnis tersebut. Beberapa produsen sukses menjual barang sebanyak mungkin berdasarkan brand yang melekat kuat di masyarakat bahwa produk mereka bagus. Contoh brand produk yang sukses di pasaran adalah Nike dan Pepsi.

7. Membuat Halaman Facebook dan Website

Bisnis Digital - Membuat Halaman Facebook dan Website

Setelah menentukan produk yang mau dijual beserta merek dan segala yang berkaitan dengannya secara matang maka selanjutnya dalam bisnis digital marketing adalah memperkenalkan produk atau promosi. Untuk promosi produk bisa dilakukan lewat media sosial seperti facebook, twitter dan instagram serta whatsapp. Kamu akan mendapatkan banyak penjualan dari media sosial ini.

Media sosial sangat tepat dijadikan sebagai alat promosi dan penjualan. Misalkan dengan menggunakan fitur pembuatan fanspage di FB maupun membagikan konten promosi produk lewat grup-grup di Facebook. Cara ini terbukti dapat meningkatkan penjualan.

Kemudian kamu juga bisa memperluas pangsa pasar dengan membuat website penjualan terhadap suatu produk. Sehingga jangkauan pasar lebih luas sampai ke seluruh Indonesia dan mancanegara. Dalam website dapat ditampilkan sedetail mungkin produk yang dijual beserta harga dan cara pembayaran.

Demikian cara memulai bisnis digital dari nol. Kamu bisa melakoni bisnis digital online sebagai reseller, dropshipper maupun produsen.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 879

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.