Berbisnis Dengan Aplikasi Chat : Ini Cara Cool nya !

  • Whatsapp
Berbisnis dengan Aplikasi Chat

Berbisnis dengan aplikasi chat sudah menjadi pekerjaan sehari-hari penulis. Pada mulanya, penulis melakukan bisnis lewat nomor telepon menggunakan aplikasi Facebook. Namun  kontak melalui telepon dengan prospek atau pelanggan terasa kurang lengkap dan cukup merepotkan. Oleh sebab itu, penulis membeli sebuah ponsel pintar android baru merk Samsung. Yang kemudian dipasang aplikasi Whatsapp untuk berbisnis.

Semenjak penggunaan aplikasi whatsapp untuk berbisnis, penjualan barang semakin meningkat pesat. Hal ini berpengaruh pada penghasilan kian besar. Ada banyak keunggulan atau kelebihan yang membuat aplikasi whatsapp cocok dijadikan media untuk berbisnis. Seperti adanya fitur Status yang bisa dimanfaatkan untuk memajang produk-produk dagangan anda.

Aplikasi Chat Untuk Berbisnis Online

Berbisnis dengan Aplikasi Chat

Berikut ini sejumlah aplikasi chat yang dapat dipergunakan untuk memudahkan penjualan online atau sarana berbisnis, antara lain:

1. Whatsapp Mobile atau Whatsapp Web ( WA WEB )

Berbisnis dengan aplikasi chat pertama bisa menggunakan whatsapp mobile atau whatsapp web (wa web). Inilah aplikasi chat yang wajib ada di setiap ponsel pintar android para pebisnis. Whatsapp adalah sebuah aplikasi perpesanan yang bisa dijalankan memakai jaringan internet. Penggunaannya tidak menghabiskan pulsa melainkan kuota internet. Jumlah penggunanya di tanah air mencapai 36 juta pengguna. Apalagi sekarang hadir Whatsapp Bisnis yang sengaja dikhususkan buat kalian yang ingin mendapatkan peluang bisnis lebih baik.

Adapun yang bisa dilakukan oleh aplikasi Whatsapp adalah melakukan chatting, berbagi file, dokumen, gambar, foto, video,pesan suara, tulisan, link, sampai berbagi lokasi. Sehingga sangat cocok dipergunakan oleh pengusaha untuk transaksi dengan pembeli secara mudah, praktis dan cepat serta irit kuota.

Kelebihan dan keistimewaan aplikasi Whatsapp dipergunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya sampai ke luar negeri. Tentu didukung oleh media landing page dari blog ataupun media sosial. Atas fakta kelebihan itu, sejumlah pebisnis di sejumlah negara seperti Malaysia, Indonesia, Brazil dan Meksiko seluruhnya menggunakan aplikasi Whatsapp.

Apalagi adanya fitur Whatsapp Web yaitu sebuah fitur whatsapp yang dapat dijalankan di komputer. Yang membuat kegiatan penjualan dan pemasaran dapat dilakukan melalui komputer. Kegiatan chatting, promosi dan transaksi penjualan dapat dilakukan didepan layar komputer dekstop.

READ  6 Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Paling Dicari !

2. LINE

Berbisnis dengan aplikasi chat berikutnya adalah dengan menggunakan LINE, merupakan aplikasi chat yang dapat dipergunakan untuk berbisnis. Karena jumlah pengguna LINE di Indonesia dan dunia sudah sangat banyak. Selain itu, terdapat fitur chat untuk melakukan transaksi jual beli barang.

Tahun 2011 adalah hari kelahiran aplikasi chat LINE. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan asal Jepang bernama NHL Corporation. Seiring bertambahnya usia, aplikasi ini terus berbenah dan menyempurnakan fiturnya. Seperti adanya fitur panggilan video, fitur live video, mengirimkan foto, gambar, video, panggilan suara, pesan suara dan berkirim teks tulisan.

Kehadiran Aplikasi LINE mendapatkan sambutan positif dari masyarakat dunia. Kehadirannya langsung menyebar ke beberapa negara. Saat berita ini ditulis sudah lebih dari 500 juta orang yang telah mengunduh aplikasi ini. Dan jumlahnya akan terus bertambah seiring berjalan waktu.

Beberapa ahli media sosial dan teknologi memprediksi bahwa LINE  merupakan pesaing berat Whatsapp Web di masa depan. Di 42 negara, aplikasi LINE dinobatkan sebagai aplikasi chat paling baik dan paling laris mengalahkan Whatsapp.

Lalu apa yang membuat aplikasi LINE sebagai aplikasi chat terlaris dan terbaik di 42 negara? Salah satunya adalah adanya fitur keren dan sangat beragam. Misalkan kehadiran fitur LINE Shopping yang dapat dipergunakan oleh kalangan pebisnis untuk menjual barang dagangannya. Menurut catatan, fitur ini mempunyai 2200 pedagang aktif.

Adapun kategori barang yang dapat dijual di aplikasi LINE fitur Shopping adalah makanan, rumah, tanah, aksesoris, produk kecantikan dan busana. Untuk menjadi pedagang di LINE shopping maka anda mesti bikin akun official LINE.

Manfaat Berbisnis dengan Aplikasi Chat

Dalam sebuah smartphone pastinya pemiliknya memasukan sebuah aplikasi chat. Karena manfaatnya sangat besar untuk berkomunikasi dan jualan online dengan orang lain, itulah mengapa sangat banyak orang yang Berbisnis dengan aplikasi chat. Seperti memuluskan penjualan, mengirimkan produk gambar jualan, transaksi barang lewat chat dan lainnya. Ada berbagai macam aplikasi messenger atau chat yang dapat digunakan untuk berbisnis online.

Pada jaman sebelum kemunculan aplikasi chat, seorang pebisnis yang Berbisnis dengan aplikasi chat membuat iklan untuk mempromosikan barang jualannya. Dengan cara menulis posting di media sosial, menambahkan deskripsi, harga, gambar dan kontak telepon dan SMS. Namun cara itu mulai ditinggalkan para pebisnis era milenium. Sebab dinilai tak efektif lagi. Mereka menggunakan aplikasi chat dalam kontak pemesanan atau penjualan barang.

READ  22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Adapun yang menjadi alasan bagi para pedagang yang Berbisnis dengan aplikasi chat dengan menggunakan beberapa aplikasi untuk berkomunikasi dengan prospek dan konsumen adalah aplikasi chat mudah dijalankan dan sangat praktis. Dimana tidak memerlukan pulsa. Namun kuota internet yang dapat dibeli ataupun gratis lewat hotspot wifi.

Selain itu, alasan utama lainnya adalah aplikasi chat dapat mengirimkan sampel produk barang dagangan ke prospek atau konsumen secara cepat dan online. Baik dalam bentuk video, gambar, foto maupun tulisan.

Ada banyak manfaat aplikasi chat dalam dunia bisnis, antara lain:

  1. Membantu memasarkan produk jualan. Anda bisa mengiklankan produk di menu status dan memberikan link ke situs bisnis anda
  2. Percakapan antara pembeli dan penjual berkaitan negosiasi, penawaran maupun deskripsi barang
  3. Menerima pesanan. Pesanan dapat dikirimkan lewat aplikasi chat
  4. Interaksi intensif

Interaksi antara pembeli dan penjual yang dilakukan lewat aplikasi chat akan jauh lebih intensif. Karena keduanya menggunakan jaringan internet yang lebih menghemat biaya ketimbang memakai Short Message Service (SMS).

Berbisnis Dengan Aplikasi Chat

Berbisnis dengan aplikasi chat sangat mudah, namun tidak sepenuhnya mengandalkan aplikasi chat. Hal utama adalah memilih jenis bisnis yang anda lakoni. Misalkan bisnis online lewat jualan produk tertentu. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai sarana penjualan seperti Facebook, Instagram, Blog dan Twitter. Sedangkan fungsi aplikasi chat hanyalah menerima pesanan barang dan transaksi penjualan antara pembeli dan penjual.

Ada berbagai macam jenis bisnis menggunakan aplikasi chat, antara lain:

1. Reseler

Yang pertama dalam Berbisnis dengan aplikasi chat yaitu reseller. Dalam hal ini, sobat melakukan stok barang. Kemudian barang itu dijual kembali kepada konsumen menggunakan aplikasi media sosial dan aplikasi chat.

2. Dropship

Yang kedua dalam Berbisnis dengan aplikasi chat yaitu sebagai Dropship. Anda hanya menjualkan barang milik orang lain menggunakan medsos dan aplikasi chat. Pada waktu ada pemesanan maka anda bisa chat kepada pemilik produk untuk mengirimkan produk ke alamat konsumen atas nama anda.

3. Produsen

Ketiga dalam Berbisnis dengan aplikasi chat yaitu dengan anda menjadi produsen dari barang itu sendiri. Anda menghasilkan suatu produk yang langsung dijual di pasaran lewat media sosial dan aplikasi chatting. Aplikasi chat akan  memudahkan terjadinya interaksi penjualan.

Pengalaman Berbisnis Menggunakan Aplikasi Chat

Untuk memulai Berbisnis dengan aplikasi chat, anda bisa mulai dengan anda mendownload aplikasi chat di google playstore. Akan tetapi, sebelum itu dilakukan pastikan sobat mmengunduh aplikasi chat menggunakan smartphone yang memiliki kapasitas memori yang sangat besar. Supaya proses download berjalan baik dan kegiatan chat bisnis berlangsung lancar.

READ  22 Peluang Bisnis Paling Dicari di Tahun 2020

Demikianlah cara berbisnis dengan aplikasi chat. Aplikasi chat yang sobat pilih hendaknya sesuai dengan bisnis dan kemampuan anda. Contohnya anda bisa menggunakan aplikasi whatsapp web atau wa web dalam berbisnis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 587

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts