2 Pemahaman Dasar Belajar Copywriting Untuk Pemula

Belajar copywriting bisa kamu lakukan dengan berguru kepada siapa saja yang ahli terhadap keterampilan ini. Di Indonesia, orang yang menguasai teknik copywriting bisa dihitung jari. Padahal kemampuan ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan atas suatu bisnis atau produk. Terutama bagi mereka yang menekuni bisnis online dan bergelut dalam bidang digital marketing.

Penulis mengenal istilah copywriting sejak muda. Ketika itu selepas lulus STM, penulis melihat ada iklan lowongan kerja sebagai copywriter pada sebuah surat kabar lokal di Jawa Barat. Pada saat itu, iklan lowongan kerja jenis baris ini memuat pengumuman : “Dibutuhkan copywriter untuk area Bandung. Silakan kirim surat lamaran kerja ke Jalan Padjajaran No 10A atau hubungi nomor telepon dibawah ini.”

Beberapa waktu kemudian, penulis membuat surat lamaran kerja. Dan langsung dikirim lewat pos. Satu bulan kemudian, penulis mendapatkan surat panggilan wawancara kerja hingga diterima bekerja sebagai penulis lepas di perusahaan Pusat Profil dan Biografi Indonesia. Saat itu, terlintas dalam hati apa itu pekerjaan copywriting. Copywriting adalah pekerjaan menulis.

Pengertian Copywriting

Belajar Copywriting Pengertian

Maksud dari diceritakan semua di atas adalah untuk memahami arti copywriting. Copy adalah menyalin. Sedangkan writing adalah aktifitas menulis. Writer adalah penulis. Jika digabungkan copywriting adalah sebuah kegiatan menulis ulang. Adapun orangnya disebut copywriter atau orang yang menyalin tulisan. Adapun pekerjaannya selama bekerja di perusahaan itu adalah menyalin wawancara dalam sebuah kaset menjadi sebuah tulisan yang tersusun rapi dalam bentuk mini biografi.

Pengertian copywriting terus berkembang luas sampai sekarang ini. Yang memunculkan beberapa istilah baru seperti contentwriter. Pada jaman sekarang, pengertian copywriting adalah suatu aktifitas untuk membuat tulisan yang mampu menjual atas suatu barang. Suatu tulisan atau disebut sales letter yang mampu meningkatkan minat beli orang terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Banyak orang yang beranggapan teknik copywriting itu mudah. Hanya menulis kalimat yang menjelaskan suatu deskripsi barang yang disertai informasi manfaat barang, fitur produk, harga yang ditawarkan serta cara pembeliannya. Ternyata tak semudah itu. Mungkin kamu bisa membuat teknik copywriting seperti itu. Tapi hasilnya bagaimana? Kebanyakan zonk atau tanpa penjualan. Kalaupun ada, tak membuahkan banyak penjualan.

Itulah yang dinamakan penerapan yang salah dalam teknik copywriting. Kamu bisa belajar copywriting yang baik. Penerapan teknik copywriting yang benar akan mampu meningkatkan penjualan. Misalkan kamu dengan pesaing kamu menjual barang yang sama di instagram, facebook atau website. Namun hasil penjualan setiap harinya berbeda. Kamu setiap hari hanya mendapatkan lima buah pemesanan. Sedangkan pesaing kamu setiap hari mendapatkan ribuan penjualan. Lalu mana yang salah dan mana yang benar? Tak ada yang perlu disalahkan. Hanya saja pesaing kamu telah menerapkan teknik copywriting yang baik dan benar sehingga mampu menjual lebih banyak ketimbang kamu.

Belajar Copywriting

Belajar Copywriting Belajar

Suatu pertanda seorang pebisnis online sudah menerapkan teknik copywriting yang baik dapat dilihat jelas dengan melihat ciri utama yaitu calon konsumen banyak yang antusias terhadap produk yang ditawarkan. Bukan hanya antusias dengan menanyakan harga dan kelebihan produk tapi juga mereka membeli produk yang ia tawarkan.

Teknik Copywriting banyak pula orang yang menyebutnya teknik mengubah tulisan menjadi daya hipnotis yang mampu menarik orang yang tadinya tidak mau membeli suatu barang menjadi mau membeli suatu barang. Teknik copywriting yang baik dimulai dari menumbuhkan minat dan ingin seseorang terhadap suatu produk yang berubah menjadi membeli produk itu.

Bagi kamu yang tertarik untuk menguasai keterampilan copywriting yang baik diperlukan belajar copywriting dan pemahaman dasar atas dua istilah ini, yakni:

Copy

Belajar Copywriting Copy

Apa itu copy? Copy adalah teks yang ditulis pada brosur, website, iklan, landing page dan lain sebagainya yang bertujuan untuk memasarkan barang dengan gaya pikat tulisan yang sifatnya menjual atau menarik minat masyarakat untuk membeli suatu produk. Copy adalah teks. Itu adalah pengertian lama. Yang sekarang pengertian copy adalah menyalin teks. Menurut kamus Bahasa Indonesia, pengertian copywriting adalah suatu teknik, proses atau kegiatan menulis. Orang yang menulis atau menyalin teks itu disebut copywriter.

Konversi

Belajar Copywriting Konversi

Hal kedua yang mesti dipahami adalah konversi. Apa itu konversi? Secara gambaran kasarnya begini. Pada saat seseorang yang kamu bidik melakukan sikap sesuai yang kamu harapkan. Contohnya membeli barang jualan kamu atau mendownload, membuat akun, mendaftarkan diri sebagai anggota dll. Jika dalam dunia pemasaran atau penjualan, arti konversi adalah pembelian. Semakin banyak lead, trafik, pengunjung atau prospek maka semakin banyak penjualan atau konversi. Konversi akan semakin meningkat seiring dengan teknik belajar copywriting yang diterapkan semakin bagus.

Kamu jangan menyepelekan profesi copywriter. Karena profesi ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Gaji copywriter yang sudah ahli dan berpengalaman bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Ada banyak alasan, seseorang membutuhkan jasa copywriter. Memang tampak sepele jasa copywriter. Karena hanya menulis saja. Siapapun bisa menulis. Sejak duduk di sekolah dasar, seseorang sudah diajarkan untuk menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun penulisan copywriting berbeda dengan penulisan biasa.

Penulisan copywriting adalah mempunyai beberapa seni yang mesti dimasukkan beberapa unsur di dalamnya. Menulis untuk konten yang menjual dan menggerakkan orang untuk membeli sangat susah. Kecuali mereka yang ahli atau copywriter profesional dan berpengalaman. Kecuali mereka yang benar-benar belajar copywriting yang baik dan benar. Dapat dikatakan copywriter adalah seorang salesman yang mengucapkan kata melalui konten teks atau tulisan.

Teknik belajar copywriting sangat bermanfaat bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis, penjualan dan pemasaran. Khususnya mereka yang bergelut dalam bisnis online, bisnis digital dan digital marketing. Belajar copywriting mungkin manfaatnya tak dirasakan sekarang. Tapi manfaat belajar copywriting akan dirasakan di masa depan seiring terus latihan.

Contoh kasus. Misalkan kamu melakukan pemasaran suatu barang ke 500 orang. Biasanya kamu mendapatkan penjualan satu unit barang. Namun dengan menggunakan teknik belajar copywriting yang baik dan benar akan menghasilkan lebih banyak penjualan dari sebelumnya. Misalkan penjualan menjadi enam unit. Bayangkan iklan atau promosi dengan teknik belajar copywriting mampu melipatgandakan penjualan sampai enam kali lipat. Wow luarbiasa. Inilah yang mengharuskan kamu untuk menguasai teknik belajar copywriting dalam promosi di instagram, facebook, blog, website, dan media sosial lainnya.

Dari penjelasan di atas sangat jelas bahwa copywriting adalah perkara tak mudah. Tidak semua orang mempunyai keterampilan menulis iklan yang baik dan benar. Semua yang ingin belajar copywriting harus serius dan fokus. Hasil yang didapatkan bukan sekarang saja tapi di masa depan berupa penjualan dan pemasaran yang meningkat.

Fungsi copywriter semakin nyata seiring pola pemasaran secara digital yang lebih mudah, masif dan gratis. Lebih banyak orang memilih pemasaran secara online dan digital karena efektifitas yang sangat tinggi. Apalagi didukung oleh teknik belajar copywriting secara baik dan benar serta bertahap yang akan semakin tinggi tingkat penjualan barang atau produk. Tak aneh jika sekarang jasa copywriting laris manis di pasaran. Para copywriter dapat meraih penghasilan besar dikisaran puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah setiap bulan.

Sebuah perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan besar untuk mempromosikan produknya membutuhkan media sosial berbagai jenis. Berikut ini beberapa saluran pemasaran yang biasa dipergunakan oleh para pemilik bisnis online. Seperti : konten email marketing, konten sosial media, konten website, iklan di televisi, iklan di radio, Youtube ads, Facebook Ads, AdWords, dan Landing Page. Namun semua cara promosi itu akan sia-sia jika tidak didukung oleh teknik copywriting yang baik. Tenaga dan biaya yang telah dikeluarkan akan menjadi percuma dengan tanpa adanya penjualan sama sekali. Kalaupun ada, tingkat konversinya sangat kecil.

Teknik copywriting yang akan meledakkan penjualan meliputi banyak hal, seperti memiliki mindset copywriter yang benar, selalu belajar copywriting, pembuatan tulisan teks yang mampu menggerakan orang untuk berbuat seperti yang kamu inginkan seperti pembelian produk dan mempunyai landing page yang mempunyai tingkat konversi tinggi.

Kesimpulan

Demikian cara belajar copywriting. Dari penjelasan di atas dapatlah kita simak copywriting adalah sebuah keterampilan untuk menjual barang lewat tulisan yang memikat. Copywriting adalah sebuah seni dan skill yang perlu diasah setiap hari.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 869

No votes so far! Be the first to rate this post.

The following two tabs change content below.